Meski Wabah Covid-19 Melanda Kedua Negara, Ketegangan AS dan Iran Masih Berlangsung

D'On, Amerika Serikat,- Angkatan Laut AS merilis sebuah video yang menunjukkan ketegangan dengan kapal Iran di Laut Arab.

Di mana ada 11 kapal militer milik Garda Revolusi Iran (IRGCN) yang "mengepung" enam kapal perang AS, di jarak 10 meter.

Kejadian itu terjadi Rabu (15/4/2020). Bahkan, satu kapal Iran bertabrakan dengan satu kapal AS.

Menurut Komando Sentral AS, 11 kapal Iran berulang kali melakukan pendekatan berbahaya. "Dan melecehkan," tulis CNN International mengutip pernyataan tersebut, dikutip Jumat (17/4/2020).

Kapal Perang AS itu, terdiri dari USS Lewis B.Puller, USS Paul Hamilton,USS Firebolt, USS Sirocco, USCGC Wrangell dan USCGC Maui.

Saat itu, AS tengah melakukan patroli dengan helikopter militer Apacge AH-64E di perairan internasional, Teluk Arab Utara.

"Kapal-kapal IRGCN berulang kali melintasi buritan (belakang) kapal-kapal AS pada jarak yang sangat dekat dengan kecepatan tinggi," kata pernyataan AS lagi.

"Kru mengeluarkan banyak peringatan melalui radio ... tetapi tetap tak direspon."

Militer AS mengatakan Iran tidak memberi tanggapan. Lalu pergi satu jam setelahnya.

Sebelumnya di akhir 2019, hubungan AS dan Iran memanas karena serangan yang dilakukan militer Paman Sam di Irak yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani.

Pada 8 Januari, Iran membalas AS dengan menyerang pangkalan militer Ain Al Asad di Irak, yang menyebabkan 100 tentara negeri adi daya cedera otak.

Presiden AS Donald Trump pernah mencuitkan bahwa Iran tengah melakukan serangan diam-diam ke AS. Namun hal tersebut dibantah iran.

Iran mengklaim AS melakukan terorisme ekonomi. Sanksi AS membuat Iran kesulitan mengatasi pandemi corona (COVID-19) di negeri itu.

Hingga berita diturunkan belum ada komentar dari Iran.

(cnbcindonesia)

No comments

Powered by Blogger.