Lakukan Physical Distancing, Layanan Tatap Muka di Disdukcapil Berganti Online

D'On, Padang,- Pelayanan secara tatap muka di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang telah dihentikan. Memutus pandemi Covid-19, dinas yang melayani administrasi warga itu kini telah mengoptimalkan pelayanan secara online.

"Kami sudah membuka layanan secara online dan meniadakan pelayanan tatap muka," jelas Kepala Disdukcapil Kota Padang, Muji Susilawati saat melakukan video conference dengan Dirjen Dukcapil MenPAN-RB di ruang Padang Command Center milik Diskominfo Padang, Selasa (14/4/2020).

Dijelaskan Kadisdukcapil, layanan secara online sudah dapat diakses masyarakat. Namun masih terdapat sejumlah kendala dalam operasionalnya. 

"Dengan penggunaan Teknologi Informasi ini masih ada warga yang belum memahami penggunaannya,  namun kita akan tetap mengoptimalkannya," jelasnya. 

Disdukcapil juga telah melakukan sosialisasi pelayanan online ini melalui media massa maupun media sosial.  Bahkan bagi masyarakat yang kurang memahami pelayanan online, mendatangi kantor Disdukcapil untuk meminta informasi. 

"Dengan layanan online ini, masyarakat dapat langsung mencetak berkas administrasi di rumah," tukas Muji Susilawati. 

Sementara, Deputi MenPAN-RB Diah Nataliza mengapresiasi langkah yang dilakukan Disdukcapil Padang.  Menurutnya, inovasi layanan online akan menimbulkan motivasi pada masyarakat dalam mengurus administrasi. 

"Apa yang dilakukan luar biasa, kita berharap layanan online ini akan membuat ASN lebih bekerja produktif," tukuk Diah Nataliza.

(hms/Charlie Ch. Legi) 


No comments

Powered by Blogger.