Berhasil Kembangkan Sister City, Pemko Padang Jadi Tujuan Kunker Pemko Cilegon

D'On, Padang (SUMBAR),- Pemerintah Kota (Pemko) Cilegon, Provinsi Banten menjadikan Pemko Padang tujuan kunjungan kerja (kunker) sekaitan beberapa capaian dan prestasi yang telah ditorehkan pemko setempat sejauh ini.

Asisten Daerah I Pemko Cilegon, Taufiqurrahman menyampaikan, melalui kunker yang membawa para camat dan lurah serta unsur Bagian Pemerintahan di Kota Cilegon ini, pihaknya terutama sekali ingin secara langsung menggali dan mempelajari hal-hal terkait urusan pemerintahan di kecamatan dan kelurahan di daerah lain.

"Maka itu Padang kita pilih sebagai salah satu tujuan. Alasan kita memilih Padang ya karena kita mengetahui sudah banyak penghargaan yang diraih oleh Pemko Padang sejauh ini," cetusnya dalam kegiatan pertemuan diskusi antara kedua belah pihak yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Jaar, Kamis (22/11).

Kemudian alasan selanjutnya memilih Kota Padang dalam kunker kali ini, katanya,  yaitu juga  untuk mengetahui banyak hal terutama sekaitan dengan perkembangan kemajuan Kota Padang serta upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan. Di samping itu juga upaya kerjasama yang telah dan akan dibangun antara Kota Padang dengan daerah atau negara lain yakninya 'sister city'.

"Semoga kita dapat mengetahui apa saja kiat-kiat apa yang dilakukan Pemko Padang sehingga mampu mengelola pemerintahan secara baik, memajukan kota dan kesejahteraan masyarakat serta hubungan sister city dengan negara lain dan peningkatan lainnya. Insyaallah, masukan yang kita terima akan dibawa untuk dibahas dan diterakan di Cilegon nantinya.

Walikota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dian Fakri menyampaikan, atas nama jajaran Pemko Padang mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kunker dari Pemko Cilegon tersebut.

"Semoga saja pertemuan ini dapat mencapai tujuan dan sasaran dari studi banding yang bapak/ibu lakukan," ucap mantan Kasat Pol PP Padang itu.

Dia menyebutkan, seiring pembahasan tentang sister city Pemko Padang memang sudah menjalinnya dengan beberapa negara dalam berbagai bidang seperti pendidikan, mitigasi bencana, pertukaran pojok promosi serta lainnya. Terutama menjadi kota terdepan untuk Indonesia di Indian Ocean Rim Association (IORA) atau organisasi negara-negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

"Sekarang ini bapak Walikota Padang tengah melakukan lawatan ke Kota Chennai, India. Hal ini mengingat Kota Padang menjadi satu-satunya daerah yang diundang untuk mengikuti roadshow diplomasi ekonomi ke India dan Pakistan. Kegiatan tersebut digagas Direktorat Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dagang antara pelaku-pelaku usaha dari Indonesia dengan negara mitra yang dituju," tukasnya.

Dalam kesempatan itu Dian pun juga menjelaskan seputar kondisi geografis Kota Padang, visi dan misi serta 10 program unggulan (Progul) Wali Kota dan Wakil Walikota selama masa jabatan 2014-2019. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Padang, Arfian yang memaparkan seputar tata kelola pemerintahan di Kota Padang  serta juga diikuti pimpinan OPD terkait lainnya. (hms)

No comments

Powered by Blogger.