Kerap Makan Korban, Jalan di Kecamatan Palembayan Butuh Perhatian

D'On, Agam,- Warga dari Organisasi Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan GPPKP melakukan penutupan jalan berlobang dengan ban mobil di karenakan polongan pecah atau badan jalan berlubang, secara swadaya, Rabu (10/10/2018).

Penutupan dilakukan menyusul sejumlah kecelakaan yang terjadi di jalan ini karena banyaknya lubang.

Menurut Rahmat Hidayat Sekretaris GPPKP, banyak terdapat lubang di jalan Provinsi kecamatan palembayan, mulai dari Tantaman sampai ke Simpang alang nangang.

Saat hujan, lanjut dia, lubang jalan yang cukup besar dan dalam tertutup air sehingga tidak terlihat. Pengguna jalan bisa terperosok.


“Penambalan atau penutupan menggunakan apa adanya dan pasir maupun ban agar penegerdara bisa mengetahui kerusakan jalan, “ kata Rahmat.

Rahmat menambahkan, partisipasi untuk menutupi jalan berlobang dari masyarakat sudah lama dan sering di lakukan oleh masyarakat setempat baik membersihakan saluran air maupun menutupi badan jalan yg berlobang dan di genangi air.

Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan(Gppkp), Anggota yg ada di kampung, menambahkan, beberapa hari lalu telah terjadi kecelakaan yang menyebabkan seorang pengendara sepeda motor terpelosok dan jatuh di jalan Provinsi tersebut.

Korban tidak mengetahui bahwa ada lobang di badan jalan.

“Di sekitar sini, juga sering kita dengar ada truk yang tergerubuk dalam lobang tersebut rodanya terperosok,“ ungkapnya.

Terkait hal itu, Ketua Umum GPPKP meminta Pada Anggota DPRD Agam Dapil ll bisa menyambungkan aspirasi atau suara ini ke DPRD Sumbar, dan meminta Bupati Agam  Indra Catri untuk segera melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar karena jalan ini adalah tanggung jawab pemerintah provinsi.

Jalan inipun akses terdekat Masyarakat Pasaman Barat menuju ke Kota Bukittingi dan Provinsi Riau dari pada memutar melewati kelok 44 maninjau.

“Kerusakan jalan di Provinsi di Kecamatan Palembayan ini memang parah dan masih banyak di temukan jalan berlobang dan semak di sekitar KM 40 antara Jorong Tantaman ke Simpang Alananggang Gumarang,“ Hakim.

Secara terpisah, anggota DPRD Agam, Doddi, ST dihubungi via telepon selular mengatakan bahwa permasalahan ini akan menjadi perhatian khusus, mengingat ini jalan merupakan penghubung antar provinsi. Pihaknya akan mendesak Pemkab Agam untuk segera memperbaiki jalan tersebut ujar Doddi.ST, politisi dari Partai Demokrat. (rel/mond)

Powered by Blogger.