Komnas HAM Sebut CCTV Tak Berfungsi jadi Kendala Pengusutan Kasus Kematian Brigadir J

D'On, Jakarta,- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) masih menemui kendala dalam mengusut peristiwa polisi tembak polisi di kediaman dinas Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Satu kendala yang dihadapi yakni CCTV di tempat kejadian perkara (TKP) yang tidak berfungsi.


“Tadi kan katakan di TKP itu, menurut mereka, informasi mereka, CCTV itu tidak berfungsi. Ini problem besar,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Untuk itu, dia menyoroti soalnya adanya anggapan yang mencuat di publik bahwa peristiwa kematian Brigadir J mudah untuk diusut. Dikatakan, Komnas HAM belum memperoleh bukti-bukti pendukung terkait peristiwa tersebut, sehingga masih sulit untuk disimpulkan.

“Jadi orang yang bilang bahwa ini mudah-mudah segala macam, Anda mau bertumpu pada siapa? Kan pada keterangan pelaku,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menekankan pengusutan peristiwa kali ini merupakan hal yang tidak mudah. “Jadi tidak mudah, yang bilang mudah dia tidak tahu persoalannya,” tutur Taufan.

Seperti diberitakan, peristiwa polisi tembak polisi tersebut, menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, terjadi karena Brigadir J memasuki kamar pribadi istri Irjen Pol Ferdy Sambo. Brigadir J diduga melakukan pelecehan serta menodongkan pistol kepada Putri Candrawathi, istri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Putri Candrawathi kemudian berteriak meminta pertolongan. Hal ini membuat Brigadir J panik dan keluar dari kamar. Bharada E yang berada di lantai rumah dinas di kompleks Polri di Duren Tiga Utara 1, Nomor 46, Jakarta Selatan, langsung menghampiri asal teriakan.

Dari batas tangga kurang lebih 10 meter, Bharada E bertanya kepada Brigadir J. Akan tetapi, Brigadir J meresponsnya dengan melepaskan tembakan. Baku tembak pun tak terhindarkan dan berakhir dengan tewasnya Brigadir J.

Sumber: BeritaSatu.com

#BrigadirJ #KomnasHAM #ferdysambo #polisitembakpolisi #viral

Powered by Blogger.