Breaking News

Sariawan: Tanda Awal Kanker Lidah, Langkah Pencegahan Penting


Dirgantaraonline,-
Artikel ini mengungkapkan fakta menarik seputar sariawan sebagai mungkin tanda awal kanker lidah, yang dijabarkan oleh dr. Diani Kartini, seorang dokter spesialis bedah onkologi. Kanker lidah adalah jenis kanker yang ditandai oleh pertumbuhan sel-sel abnormal di jaringan lidah, dan seringkali awalnya dapat diidentifikasi melalui gejala seperti sariawan yang tidak sembuh, bercak merah atau putih yang tetap ada dalam jangka waktu yang lama, serta adanya bau yang khas di area lidah.

Dalam penjelasannya, dr. Diani Kartini menggarisbawahi beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker lidah, termasuk kebiasaan merokok, konsumsi alkohol secara berlebihan, mengonsumsi menginang, serta masalah kebersihan mulut dan gigi, seperti karang gigi dan gigi tajam yang dapat menyebabkan luka dan infeksi.

Lebih lanjut, dalam upaya pencegahan kanker lidah, dokter Kartini menyoroti pentingnya gaya hidup sehat, termasuk menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi alkohol, menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi, dan membersihkan karang gigi. Dia juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap sariawan yang tidak sembuh, karena bisa menjadi indikator awal kemungkinan adanya kanker lidah.

Dokter Kartini juga memberikan wawasan tentang gejala kanker lidah, yang meliputi penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kesulitan menelan makanan, serta masalah bernapas jika tumor tumbuh di bagian belakang lidah.

Dengan demikian, artikel tersebut memberikan pandangan yang mendalam tentang pentingnya deteksi dini dan pencegahan terhadap kanker lidah melalui pemahaman terhadap gejala awalnya, serta langkah-langkah preventif yang dapat diambil dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi.

(Rini)

#Kesehatan #Global #KankerLidah

No comments