Breaking News

5 Makanan Penetralisir Kolestrol, Tetap Aman Saat Makan Daging dan Santan

Ilustrasi makanan

Dirgantaraonline.co.id,-
Aneka makanan yang terbuat dari daging dan santan mengandung lemak cukup tinggi. Sehingga jika tidak mengontrolnya dengan baik, dikhawatirkan memicu kolesterol tinggi dan berdampak pada kesehatan.

Namun demikian, makanan yang mengandung lemak itu masih bisa dikonsumsi dan menikmatinya. Hal itu karena, ada beberapa jenis makanan yang bisa menetralisir itu semua. Berikut seperti dilansir dari laman Health Line, Senin (27/11/2023).

1. Daun Ruku-ruku
Holy Basil atau dikenal juga sebagai daun ruku-ruku, merupakan salah satu tanaman herbal yang telah digunakan selama ribuan tahun lamanya dalam Pengobatan Tradisional Ayurveda.

Selain itu, daun ini dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah penetralisir kolesterol. Serta mampu mengoptimalkan respons sistem imun, menyeimbangkan produksi antibodi, serta mengaktifkan mekanisme pertahanan alami atau yang biasa disebut imunitas bawaan.


2. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat. Terdapat dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL (lemak baik) dan meningkatkan kolesterol HDL (lemak jahat).

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi, saat makan satu buah alpukat setiap hari, dipercaya dapat menurunkan kadar LDL-nya.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga dapat menetralisir kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung.

Makan dua ons kacang sehari, dapat membantu menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat sekitar 5 persen kacang juga memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

4. Air Kelapa
Air kelapa menjadi salah satu minuman alami yang dikonsumsi, terlebih untuk kesehatan tubuh Anda. Tak hanya dari kelapa muda, air kelapa tua juga jauh lebih baik bagi kesehatan.

Air kelapa mengandung 94 persen air, dan sangat sedikit lemak. Namun cairan di dalamnya ini tidak mengandung santan, di mana menjadi salah satu sumber kolesterol yang dapat mengendap di dalam tubuh.  

5. Gandum
Salah satu cara untuk mulai menurunkan kolesterol adalah dengan memilih oatmeal atau sereal dingin berbahan dasar oat (gandum), seperti dikonsumsi untuk sarapan pagi.

Hal ini nantinya dapat memberikan satu hingga dua gram serat yang mudah larut dalam tubuh. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.


(Rini)

#Kuliner #Kolesterol #gayahidup #lifestyle #global