Breaking News

Demam Pascaimunisasi: Mengapa Dokter Anak Menganjurkan Pendekatan Tanpa Obat?

Ilustrasi 

D'On, Jakarta,-
Dokter spesialis anak, Dr. Victor dari RSUD Kepulauan Seribu, menggarisbawahi pentingnya pendekatan yang hati-hati terhadap demam pascaimunisasi pada balita. Meskipun umumnya dianggap wajar, demam pascaimunisasi dapat menyebabkan kekhawatiran yang dapat mengarah pada pemberian obat-obatan seperti parasetamol. Namun, Dr. Victor menegaskan bahwa memberikan obat penurun demam secara langsung mungkin tidak selalu merupakan solusi terbaik.

Alasannya cukup jelas: mayoritas obat penurun panas bekerja dengan menekan sistem kekebalan tubuh, yang pada saat yang sama sedang ditingkatkan melalui imunisasi. Dalam konteks ini, menurut Dr. Victor, memberikan obat penurun demam dapat menghambat proses alami penguatan kekebalan tubuh anak.

Sebagai gantinya, Dr. Victor merekomendasikan pendekatan yang lebih holistik. Ini termasuk meningkatkan asupan cairan, memastikan suhu ruangan yang nyaman, serta memberikan kompres air hangat untuk meredakan demam. Ia juga menyoroti pentingnya pengawasan ekstra bagi anak-anak dengan riwayat kejang pada masa kecil, dan menekankan perlunya kehati-hatian ekstra dalam memberikan obat-obatan saat demam.

Dr. Victor juga menyoroti reaksi lokal yang mungkin terjadi setelah imunisasi, seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak di area suntikan. Meskipun umumnya tidak berbahaya, penggunaan kompres air hangat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan ini.

Menanggapi pertanyaan tentang imunisasi pada anak yang sedang minum antibiotik, Dr. Victor menjelaskan bahwa, meskipun tidak ada kontraindikasi langsung, disarankan untuk menunda imunisasi saat anak sedang mengalami penyakit serius. Ini karena fokus utama haruslah pada penyembuhan anak sebelum melanjutkan imunisasi.

Pendekatan yang disarankan oleh Dr. Victor mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya keseimbangan antara mengatasi gejala secara langsung dan mendukung proses alami tubuh. Ini menawarkan wawasan yang berharga bagi para orang tua dan praktisi kesehatan dalam menangani demam pascaimunisasi dengan cara yang paling efektif dan aman bagi anak-anak.

(Rini)

#Balita #KesehatanBalita #Paracetamol

No comments