Covid-19 dan TBC Merebak, Warga Diimbau Tetap Pakai Masker

D'On, Padang (Sumbar),- Penyakit menular seperti Tuberkulosis (TBC), ISPA dan lainnya kini mulai merebak di Kota Padang. Tidak itu saja, Covid-19 juga masih menjangkiti warga kota. 


Pengamat kesehatan, dr Feri Mulyani Hamid, M.Biomed mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak lengah. Tetap mengenakan masker di mana saja untuk membentengi diri dari penyakit tersebut. 

"Gunakan terus masker, jangan sampai kendor disiplinnya terhadap proteksi diri," imbau mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang itu, Minggu (4/9/2022). 

Dijelaskannya, mengenakan masker di tepat ramai akan mengantisipasi tertularnya penyakit. Seperti Covid-19, ISPA, TBC, dan lainnya. Apalagi saat ini banyak warga yang tidak lagi memakai masker. 

"Penyakit itu (TBC, ISPA dan lainnya) dapat menular melalui udara," ujar dr Feri Mulyani Hamid, M. Biomed. 

Dijelaskannya, gejala yang muncul pada saat ini yakni banyaknya warga yang menderita batuk. Termasuk demam. Bahkan anak-anak banyak yang mengalami penyakit infeksi paru. 

"Seharusnya dari gejala yang muncul harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan, jangan takut untuk dilakukan swab, atau penyakit lain, mungkin infeksi  

Tuberculosis (TBC) atau pneumonia anak, karena selama lebih dua tahun ini imunisasi dasar cakupannya rendah sekali," kata wanita yang kini menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang itu. 

Pengamat kesehatan dr Feri Mulyani Hamid, M.Biomed menyebut kondisi ini harus segera ditindaklanjuti. Perhatian pun harus besar. 

"Jika tidak segera ditindaklanjuti, kita akan menunggu Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit lain setelah ini," sebutnya.

(Charlie Ch. Legi)


#TBC #Kesehatan #Padang

Powered by Blogger.