Pemerintah Turki Umumkan Tangkap Tokoh Utama ISIS


D'On, Turki,- Polisi Turki kemarin mengumumkan penangkapan tokoh utama kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Mahmut Ozden. Polisi mengatakan mereka menemukan bukti ISIS sedang merencanakan sebuah serangan di Turki.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengumumkan penangkapan Ozden dalam tulisan di media sosialnya. Dia mengatakan tokoh ISIS itu telah “tertangkap basah dengan rencana pentingnya”. Soylu berterima kasih kepada kepolisian Turki atas penangkapannya Mahmut Ozden.

Ozden sudah cukup dikenal oleh otoritas Turki dan dia juga sering ditangkap lebih dari satu kali sebelumnya, termasuk penahanan pada 2018 dan 2019.

Soylu mengatakan dalam pidatonya yang disiarkan di televisi di Kota Giresun, Ozden “terus menerus” menerima perintah dari kelompok ISIS di Irak dan Suriah. Dia juga memimpin kelompok yang terdiri dari 10 sampai 12 orang untuk mengatur rencananya dalam penyerangan di Turki, Menurut informasi yang diperoleh dari komputernya dan media digital lainnya, kata Soylu, seperti dilansir laman New York Times, Selasa (1/9).

Menurut media pemerintah, Anadolu, Ozden ditahan di Adana, Turki Selatan setelah polisi menangkap anggota ISIS yang lain yang juga berencana menyerang di Istanbul. Tiga orang lainnya ditahan dalam operasi yang sama dengan kelompok militan itu, kata Anadolu.

Soylu juga mengatakan Ozden telah terlibat dalam penculikan tokoh tokoh terkenal dan membawanya ke Suriah dan juga melakukan operasi yang “merugikan Ekonomi Turki”.

Kepolisian Turki telah melakukan penggerebekan berkala yang ditujukan kepada anggota ISIS, yang telah melakukan sejumlah serangan di negara tersebut.

Pada bulan Januari tahun 2017, ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan yang terjadi di klub malam Istanbul yang menewaskan 39 jiwa. Begitu juga serangan di bandara Internasional Istanbul pada Juni 2016 yang menewaskan 41 orang serta pengeboman yang dilakukan di Turki pada Maret 2016 yang menewaskan 12 orang.
(New York Times/mdk/pan)

No comments

Powered by Blogger.