Breaking News

Masjid Istiqlal Pastikan Tidak Selenggarakan Salat Id, Namun Adakan Takbiran Virtual Dengan Wapres

D'On, Jakarta,- Masjid Istiqlal pastikan tidak menggelar salat Idul Fitri 1441 Hijriah serta takbir akbar. Umat Islam akan merayakan hari kemenangan (Lebaran) pada Minggu (24/5) besok.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, meskipun tak ada takbir akbar. Pihaknya tetap mengadakan takbiran, namun dilakukan secara virtual.

"Iya ada, tapi takbir virtual," kata Abu Hurairah saat dinukil dari merdeka.com, Sabtu (23/5).

Meski begitu, pihak Masjid Istiqlal tetap akan melakukan pemukulan bedug dan mengumandangkan takbir pada malam sebelum lebaran.

"Ya virtual ucapan dan sambutan ditapping, acaranya di beberapa tempat, di Istiqlal dikumandangkan takbirnya pukul bedug oleh imam dan muadzin," ujarnya.

Dalam acara takbir secara virtual nanti, rencananya juga akan diikuti oleh sejumlah kepala daerah, Menteri Agama Fachrul Razi hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Acaranya sendiri juga akan disiarkan secara langsung di TVRI.

"Ada sambutan imam besar, beberpa perwakilan kepala daerah, Menag RI, Wapres dan diusahakan Presiden juga sambutan dan sekaligus ucapan selamat hari raya," ungkapnya.

Sambutan yang dilakukan oleh sejumlah kepala daerah, Menteri Agama Fachrul Razi hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin nanti akan dilakukan di tempat masing-masing.

"Semua tapping di tempat masing-masing kecuali imam besar diusahakan live dari Istiqlal," tutupnya.

(mond/merdeka)