Breaking News

Belum Seminggu Teken Perjanjian Damai, AS Telah Gempur Taliban


D'On, Kabul (Afghanistan),- Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara terhadap gerilyawan Taliban di provinsi Helmand, Afghnistan selatan, Rabu (4/3/2020). Serangan ini adalah yang pertama sejak perjanjian damai dan penarikan pasukan ditandatangani kedua pihak pada akhir pekan lalu di Doha, Qatar.

"Para pejuang Taliban secara aktif menyerang pos pemeriksaan (Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan). Ini adalah serangan defensif untuk mengacaukan serangan itu," kata juru bicara Pasukan AS di Afghanistan, Kolonel Sonny Leggett, dalam sebuah tweet.

Meski begitu, Legget menegaskan, Washington berkomitmen untuk perdamaian. Namun ia meminta Taliban untuk menghentikan serangan yang tidak perlu dan menjunjung tinggi komitmen mereka, merujuk pada kesepakatan yang ditandatangani pada hari Sabtu lalu di Doha, Qatar seperti dilansir dari Reuters.

Akhir pekan lalu utusan AS Zalmay Khalilzad dan wakil pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar menandatangani perjanjian di sebuah aula mewah di sebuah hotel bintang lima di Dohar, Qatar. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, turut menyaksikan penandatanganan itu.

Kesepakatan ini sekaligus mengakhiri perang terpanjang yang dilakukan oleh AS, hampir 19 tahun.

Source: Sindonews