Breaking News

Australia Berkomitmen Dukung Kemerdekaan Palestina

D'On, JAKARTA,- Australia tetap berkomitmen mendukung solusi dua negara menjadi  salah satu jalan keluar demi menyelesaikan sengketa antara Israel-Palestina. Dikatakan Duta besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, negaranya tetap mendukung kemerdekaan Palestina, walau mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel.

Namun Quinlan juga menuturkan bahwa harus ada penyelesaian yang baik antara Israel dan Palestina, dan Australia siap membantu dalam hal tersebut.

"Pemerintah Australia mengakui aspirasi rakyat palestina untuk sebuah negara dengan ibukota Yerusalem Timur, dan ini sesuai dengan komitmen kami untuk solusi dua negara," ucap Quinlan.

Pernyataan itu diutarakan Quinlan menyusul sikap Perdana Menteri Scott Morrison soal Yerusalem Barat pada Sabtu (15/12/2018) lalu. Keputusan itu diambil Morrison lantaran Yerusalem Barat selama ini telah menjadi tempat di mana parlemen Israel, Knesset, dan lembaga pemerintah Israel lainnya beroperasi.

Namun, Morrison menuturkan Australia belum berniat memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem Barat. Quinlan menuturkan relokasi kedutaan itu tidak akan dilakukan "sampai status final Yerusalem telah diputuskan melalui negosiasi antara Palestina dan Israel," tandasnya. (cak)