Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat, Pemko Padang Gelar Lomba Kadarkum

D'On, Padang (SUMBAR),- Pemko Padang melalui Bagian Hukum terus berupaya meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat salah satunya dengan menggelar Lomba Kelompok Sadar Hukum (Kadarkum).

Sebanyak 11 kelompok perwakilan dari 11 kecamatan se-Kota Padang mengikuti lomba pengetahuan tentang hukum yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Kamis (28/11) itu.

Walikota Padang diwakili Asisten Pemerintahan, Vidal Triza sewaktu membuka lomba menyampaikan sangat mengapreasi kegiatan tersebut. Minimal dengan adanya kelompok sadar hukum di tiap kecamatan di Kota Padang terutama dapat menekan angka kriminalitas. Karena semakin banyak warga yang patuh terhadap hukum.

"Persoalan angka kriminalitas semakin tinggi, itu adalah fenomena yang ingin kita kurangi melalui program program di Bagian Hukum ini," ujarnya.

Kabag hukum Pemko Padang, Suhandra mengatakan lomba ini dilakukan rutin tiap tahun. Para peserta lomba diminta untuk menunjukan pemahamannya terhadap aturan hukum serta kepatuhannya.

Tak hanya itu, kelompok masyarakat sadar hukum ini juga diminta menjadi pionir bagi Pemko Padang untuk mengembangkan diri menjadi lebih besar dan lebih banyak. Demikian, maka semakin banyak lagi warga yang memiliki kesadaran hukum yang mumpuni.

"Tujuan akhirnya adalah untuk mengurangi angka kriminalitas di kota Padang. Dengan semakin banyaknya pionir kita yang sadar hukum di kecamatan kecamatan, maka kita harapkan akan mempengaruhi angka kriminalitas," ujarnya menjelaskan. (hms)

No comments

Powered by Blogger.