Breaking News

Mengoptimalkan Penggunaan Gadget untuk Pendidikan Positif: Pendekatan Orangtua di Era Digital

Hendri Septa walikota Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang, Hendri Septa Dt. Alam Batuah, menyoroti peran penting orangtua dalam mengarahkan anak-anak untuk menggunakan gadget secara positif dalam era digital. Dalam sebuah seminar bertajuk "Parenting Menjadi Orangtua Terbaik di Era Digital" yang diselenggarakan oleh Sekolah Alam Ar Royyan di Gedung Youth Center Padang pada Sabtu, 11 Mei 2024, Hendri Septa menekankan perlunya pengawasan yang cermat terhadap aktivitas online anak-anak.

"Bicara tentang parenting di era digital, kita tidak bisa menghindari peran gadget dan internet. Penting bagi orangtua untuk mengawasi bagaimana anak-anak menggunakan internet, bahkan dalam bermain game," ujarnya.

Hendri Septa menegaskan bahwa pemilihan konten yang tepat sangatlah krusial agar anak-anak tidak terpapar oleh materi yang tidak sesuai dengan usia mereka. Salah satu solusi yang disarankannya adalah pemasangan filter internet di rumah untuk memastikan konten yang diakses anak-anak aman dan sesuai dengan panduan orangtua.

Selain itu, Hendri Septa juga memberikan apresiasi kepada Sekolah Alam Ar Royyan atas penyelenggaraan seminar parenting ini. Baginya, kolaborasi semacam ini mendukung visi misi Pemerintah Kota Padang dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang madani.

"Pemerintah Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan pendidikan, baik secara fisik maupun karakter. Keberadaan seminar seperti ini merupakan langkah konkret dalam membantu Pemerintah Kota Padang membangun karakter anak-anak, karena orangtua adalah guru pertama bagi mereka," katanya.

Dalam konteks ini, perwakilan Ketua Yayasan Eli Trisyanti menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi dan memberikan arahan yang bijak dalam penggunaan gadget bagi anak-anak.

Acara tersebut juga dihadiri oleh pembicara dari Pakar Parenting Nasional, Irwan Rinaldi, serta Kabag BPI Ar Royyan Ustadz Awal, serta seluruh kepala sekolah dan guru dari TK, SD, SMP, dan SMA Ar Royyan. 

Dengan adanya pemahaman yang mendalam tentang pentingnya mengarahkan penggunaan gadget bagi anak-anak secara positif, serta kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan orangtua, diharapkan dapat terwujudnya generasi yang lebih terdidik dan terarah di tengah arus informasi digital yang semakin kompleks.

(*)

#Padang #Gadget #Parenting

No comments