Breaking News

Mengatasi Musim Panas Ekstrim: Tips Penting untuk Tetap Sehat

Ilustrasi Cuaca Panas 

Dirgantaraonline,-
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa mulai bulan Mei hingga Agustus 2024, Indonesia akan menghadapi gelombang panas yang mengancam kesehatan. Diperkirakan suhu di beberapa wilayah akan mencapai lebih dari 36 derajat Celsius, meningkatkan risiko dehidrasi, gangguan kesehatan, bahkan kematian.

Menyikapi hal ini, dr. Ngabila Salama, seorang praktisi kesehatan masyarakat, memberikan lima tips penting untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas yang ekstrim:

1. Minum Air Putih Secara Teratur:

Konsumsi 3-4 liter air putih setiap hari, setara dengan 12-16 gelas. Disarankan untuk minum setidaknya satu gelas sebelum dan sesudah salat, serta 1-2 gelas setelah makan. Mengonsumsi air secara teratur penting untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman seperti teh dan kopi yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan memperburuk dehidrasi.

2. Minum Oralit:

Jika merasa lemas dan banyak berkeringat, minumlah larutan oralit untuk mengganti elektrolit yang hilang akibat berkeringat berlebihan.

3. Konsumsi Buah dan Sayur Segar: 

Pilihlah buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air, seperti semangka, melon, pir, dan apel. Konsumsi secara teratur untuk menjaga hidrasi tubuh.

4. Jaga Kesejukan Tubuh:

Semprotkan air ke wajah jika kulit terasa panas atau kering. Ini membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mencegah dehidrasi.

5. Hindari Aktivitas Luar Ruangan:

Jika memungkinkan, hindari aktivitas di luar ruangan terutama pada jam-jam terpanas. Jika harus keluar rumah, gunakan perlindungan seperti payung, topi dengan daun lebar, kacamata hitam, pelembap kulit, dan tabir surya. Kenakan pakaian berwarna cerah yang dapat memantulkan sinar matahari dan alas kaki yang nyaman.

Selain itu, penting untuk selalu membawa air minum setiap saat, minimal 200 ml per jam, untuk mencegah dehidrasi.

Untuk mencegah risiko kesehatan yang lebih serius, seperti kematian akibat panas, penting untuk berteduh dan segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala seperti suhu tubuh di atas normal (37,5 derajat Celsius), tekanan darah tinggi, denyut nadi cepat (lebih dari 100 denyut per menit), atau pusing yang parah. Kesadaran akan gejala-gejala tersebut dapat membantu mencegah komplikasi yang lebih serius.

(Rini)

#CuacaPanas #CuacaEkstrim #Tips

No comments