Breaking News

Mengapa Tidur Semakin Sulit Seiring Bertambahnya Usia?

Ilustrasi tidur 

D'On, California (AS),- 
Sebuah laporan di Current Biology  pada 2008, menemukan bahwa orang tua rata-rata mendapat waktu tidur 1,5 jam lebih sedikit dibandingkan orang lebih muda.  Lalu apa pemicu orang tua semakin sulit untuk tidur? Bagaimana solusinya?

“Penjelasan sederhana terhadap hasil penelitian itu adalah bahwa orang lanjut usia membutuhkan tidur lebih sedikit,” kata peneliti Elizabeth Klerman dari Brigham and Women’s Hospital & Harvard Medical School pada saat itu, dikutip dari Salon, Minggu (3/12/2023). 

Namun, apa yang dibutuhkan dan didapat adalah dua hal berbeda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (The Centers for Disease Control and Prevention/CDC) mencatat sepertiga orang dewasa di AS biasanya memiliki waktu tidur kurang dari jumlah yang disarankan.  Padahal, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 dan 9 jam tidur per malam.  Ini adalah krisis yang dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan fisik dan mental. Pasalnya, kurang tidur berkontribusi terhadap obesitas, hipertensi, diabetes, depresi, dan stroke. 

Ryan Sultan, psikiater sekaligus peneliti dan profesor di Universitas Columbia, AS mengatakan seiring bertambahnya usia, waktu tidur yang dibutuhkan cenderung menurun. "Orang dewasa yang lebih tua mungkin sudah cukup istirahat sekitar 6 hingga 7 jam," kata dia.

Mary Elizabeth Williamns,  penulis A Series of Catastrophes & Miracles  mengatakan konsep tidur normal berubah seiring bertambahnya usia. "Menyadari perubahan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan,” kata dia.

Secara umum, kata dia, kemampuan tidur menurun seiring bertambahnya usia karena mekanisme yang mengontrol tidur menjadi kurang kuat seiring berjalannya waktu.

Psikolog asal Auckland AS sekaligus Direktur Klinis dari Better Sleep Clinic Dan Ford, membeberkan alasan tidur panjang dan indah di masa muda menjadi sulit dilakukan seiring bertambahnya usia. Pemicunya beragam, seperti menopause, ketidaknyamanan, dan keringat malam. Masalah kamar mandi juga bisa membuat seseorang gelisah sepanjang malam.  “Hal lain adalah perubahan saluran kemih, obstruksi kandung kemih, nokturia (sering buang air kecil di malam hari),” kata dia.

Jika Anda pada malam hari sering terjaga, maka bisa melakukan hal ini  di siang hari. Tidur siang bisa menjadi strategi yang berguna bagi orang lanjut usia. “Namun, waktu dan durasinya penting, tidur siang singkat sekitar 20 hingga 30 menit tidak akan mengganggu tidur malam," kata Dr Ryan Sultan.

Namun, tidur siang yang lama atau pada sore hari, bisa mengganggu siklus tidur di malam hari. 


(Rini)

#Tidur #global