Rendang dan Pelajaran Kehidupan

Dirgantaraonline.co.id,- Rendang identik dengan mayarakat minang, dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, disukai semua suku, etnis, bangsa dan semua agama di muka bumi. Bagi masyarakat minang rendang tidak sekedar masakan namun ada pelajaran hidup yang bisa kita renungkan bersama.


Rendang Asli minangkabau terbuat dari daging kerbau pilihan. Filosofi pelajaran yang bisa kita ambil dari Kerbau adalah

1. KULIT DAN BULU KERBAU

Bermanfaat untuk kebaikan,di jadikan sebagai TABUAH atau BEDUK. Tabuah atau beduk penyampai pesan atau berita himbauan kepada orang, salah satunya beduk ditabuh saat datangnya waktu Sholat. Dikampung-kampung beduh ditabuh untuk menyampaikan berita Duka, berita gembira ataupun sebagai peringatan ada tanda bahaya ditengah masyarakat. Ini masih ada disebagian nagari di Minang sampai saat ini.

2. TANDUK KERBAU

Tanduk kerbau biasanya dijadikan semacam alat kesehatan, mengeluarkan Darah Kotor pada tubuh manusia. Biasa tanduk kerbau digunakan sebagai alat bekam.

3. DAGING,TULANG  DAN JEROAN KERBAU

Memasuki hari raya kurban, kerbau banyak dijadikan hewan qurban. Dagingnya bisa dijadikan ibadah dan dibagikan kepada kaum dhuafa atau kurang mampu. Ini bernilai ibadah bagi yang berkurban.

4. SUSU KERBAU

Diminang susu kerbau menjadi minuman olahan yang menyehatkan disebut "Dadiah". Kadang Dadiah disajikan untuk jamuan Adat masyarakat minang.

5.KOTORAN KERBAU

Manfaat dari kotoran kerbau sangat berguna bagi pertanian, perkebunan. Banyak para petani menggunakan kotoran kerbau sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman dan menghijaukan lahan yang gersang.

6. TENAGA KERBAU

Tenaga kerbau berguna untuk membajak sawah. Bisa juga digunakan sebagai pedati guna menganggur barang berat.

Begitu banyak manfaat dan pelajaran hidup dari kebaikan Kerbau.

Bicara olahan masakan Rendang. Sama kita ketahui masakan rendang pasti menggunakan kelapa.

Banyak hal dan pelajaran yang bisa kita petik dari sebuah kelapa.

Berikut pelajaran dari sebuah kelapa yang bisa kita petik hikmahnya :

1.Buah Kelapa ada ditempat yang tinggi

Filosofi buah kelapa mengajarkan kesantunan, rendah hati, karena buahnya turun dari tempat tinggi untuk memberika  manfaat bagi orang yang menunggu dibawah.

2. Daun dan Lidi Kelapa

Daun kelapa bisa dimanfaatkab sebagai bahan pembuat Ketupat, bahkan daunnya bisa digunakan sebagai janur penanda sebuah pernikahan. Lidinya pun sangat bermanfaat membersihkan kotoran berserakan.

3. Air, Isi, Kulit Hingga Tempurung Kelapa 

Sama diketahui, Air kelapa selain menyegarkan juga merupakan obat herbal bagi kesehatan tubuh. Isi kelapa tentu dimanfaatkan sebagai santan untuk mengolah makanan, sedangkan ampasnya bisa dijadikan pakan ternak bahkan untuk pembersih lantai. Untuk tempurung kelapa sendiri bisa digunakan sebagai perapian, arangnya bisa dijadikan alat untuk merapikan pakaian (bagi pengguna setrika lama). 

4.Batang Kelapa

Batang kelapa, biasanya digunakan masyarakat minang dahulu untuk membuat rumah, surau atau balai adat.

Nah itulah manfaat Pohon kelapa bagi kehidupan kita.

Olahan Rendang sendiri begitu banyak bumbu. Daging dicampur dan dibaluri bumbu, biasanya cabai, asam, garam dan bumbu-bumbu lainnya diaduk dalam kancah (Kuali) besar menggunakan sendok besar. Dimasak sampai  mendidih hingga mengering dalam rentang waktu sangat lama, sehingga Rendang dapat bertahan lama. Sebab itu Rendang sangat disukai orang se antero jagat.

Dari olahan rendang ini kita dapat mengambil hikmah pelajaran hidup, bahwa ingat lah kita adalah seonggok daging yang harus menerima luka dan ujian, keresahan, diaduk-aduk oleh persoalan hidup bahkan sampai jiwa. Seolah -olah mengeringnya garam, asam dan cabai adalah ujian yang menghadirkan kepedihan, sakit, sendok adalah masalah yang akan mengaduk - aduk pikiran kita. Api adalah fitnah yang membuat resah diri,

INTI DARI RENDANG

Gunakan lah Ilmu, jabatan, hati, jiwa, pikiran, langkah dan tangan untuk kebaikan banyak orang. Bersikaplah santun,nrendah hati buang semua keburukan, bersabar dan tahanlah cobaan serta ujian yang datang, insha allah kita akan di sukai, diharapkan dan disenangi semua orang layaknya Rendang.

Bayangkan jika rendang menggunakan daging lain (Non Halal).

Manfaat apa yang bisa di ambil selain dari hanya untuk sekedar makanan. Bahkan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memakannya bila olahan daging tersebut non halal, sedangkan daging Kerbau bisa di makan semua orang, semua suku, etnis dan agama di muka bumi serta meninggalkan manfaat lain atas anggota tubuhnya. Boleh dikatakan tak ada yang tidak bermanfaat yang ada dari setiap anggota tubuh Kerbau.


(Osmond)



#Rendang #KulinerMinang #MasakanMinang #Filosofi Rendang

Powered by Blogger.