Semarak Ramadan, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Buka Lomba MTQ di Sungai Sapih Kuranji

D'On, Padang (Sumbar),- Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Membuka Secara Resmi Lomba  MTQ Kurao Kapalo Banda Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang 


Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam sangat memberi apresiasi  kegiatan religius lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an yang dihelat oleh Remaja Masjid Kurao Kapalo Banda (Gema Kurba) Sungai Sapih dari tanggal 17 - 23 April 2022.

"Saya sangat mengapresiasi Remaja Gemma Kurba ini. Setiap tahun di bulan suci Ramadhan Remaja masjid Kurao Kapalo Banda Sungai Sapih selalu mengisinya dengan kegiatan keagamaan berupa komba MTQ. Dan ini adalah kegiatan yang ke 11 kalinya yang dilaksanakan. Sungguh Remaja yang kreatif sekali ", puji Irwan Basir.

Irwan Basir menambahkan, kalau dulu Kurao ini masyarakatnya sangat terpinggir sekali. Orang malas kalau mau kedaerah ini. Akses jalannya yang rumit, kecil dan pematang sawah membuat orang enggan ke Kurao  Tapi seiring perkembangan zaman dan pertumbuhan Kota Padang, siapa sangka Kurao Kapalo Banda yang dulu daerahnya terpinggir, sekarang  berdampingan dengan Kantor Walikota. Bahkan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang juga terletak di Kurao. 

"Meski daerah Kurao Sungai Sapih mengalami kemajuan yang pesat, namun masyarakatnya, generasi mudanya masih tetap mempertahankan nilai regelius daerahnya. Buktinya, Lomba MTQ yang menjadi tradisi didaerah ini untuk dilaksanakan setiap masuknya bulan suci Ramadhan masih tetap digelar sampai sekarang," lanjut Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Irwan Basir juga menyinggung tentang situasi terkini dimana makin maraknya kenakalan remaja. Dan itu merupakan ancaman bagi generasi muda kalau mereka tidak dibentengi oleh keimanan yang kokoh. 

Kegiatan yang dihelat oleh Gemma Kurba ini adalah salah satu sarana kegiatan yang mencegah generasi muda dari perbuatan melakukan maksiat atau kebakalan remaja. Gemma Kurba harus menjadi contoh bagi generasi muda lain.

Kita tahu, masyarakat kita sekarang adalah masyarakat madani yang harus siap berinteraksi ditengah masyarakat yang semakin plural dan heterogen. Kita bukanlah homogen lagi tapi sudah bercampur sekarang. Penduduk Kurao sekarang tidak semuanya lagi orang Kurao asli. Tapi sudah banyak saudara kita dari luar yang menetap dan menjadi warga disini. 

Untuk itu, jika jalan indak dianjak urang lalu dan cupak indak dibao urang pangaleh, kita harus mampu bersaing dengan mereka, mempersiapkan SDM anak negeri agar kita tidak menjadi tamu dinegeri kita sendiri.

"Selamat berlomba kepada seluruh peserta. Mudah-mudahan dari ajang MTQ ini akan lahir qori atau qoriah terbaik, tahfizh terbaik yang kelak dapat mewakili kecamatan Kuranji di ajang yang lebih tinggi " harapan Datuk IB ini diakhir penyampaiannya.

Setelah dibuka secara resmi, Irwan Basir juga membantu kegiatan ini sejumlah 3  juta rupiah. Hadir dalam acara tersebut, Camat Kuranji diwakili oleh Sekcam Kuranji Rio Ebu, anggota DPRD Kota Padang yang juga putra asli kurao Ja'far, SHI. Pengurus Masjid Dr  Herman, tokoh masyarakat Khalil Caniago serta tokoh-tokoh lainnya.

(*)

#IrwanBasir #MTQ #DPDLPM #Padang #Sumbar

Powered by Blogger.