Penolakan Kian Masif, PKB Keukeh Penundaan Pemilu 2024

D'On, Jakarta,- Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di MPR bersikukuh mengusulkan penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.


Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR dari fraksi PKB Jazilul Fawaid sekaligus merespons pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menolak wacana tersebut.

"Kami hormati sikap dan pandangan Ketum PDIP yang tentunya kita perhatikan bersama. ini bagian dari dinamika demokrasi hari ini. Namun izinkan dengan segala hormat PKB, khususnya saya pribadi untuk terus melanjutkan wacana Penundaan Pemilu (2024)," ucap Jazilul saat dihubungi, Kamis (21/4).

PKB merupakan fraksi pertama di parlemen yang menyampaikan usul penundaan Pemilu 2024, setelah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dari unsur pemerintah yang menyampaikannya awal Januari lalu.

Usul PKB itu langsung disampaikan Ketua Umum mereka yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebulan kemudian atau akhir Februari.

Usul penundaan pemilu 2024 juga disampaikan PAN lewat Ketua Umum mereka Zulkifli Hasan. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto juga mengaku mendapat aspirasi itu dari masyarakat dan akan menindaklanjutinya.

Hingga kini, dukungan wacana penundaan Pemilu hanya didukung tiga fraksi di DPR. Sisanya, sebanyak enam fraksi telah menolak antara lain PDIP, Gerindra, Nasdem, PPP, dan dua partai oposisi Demokrat dan PKS.

Terbaru, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali menyinggung isu tersebut.

"Saya tegas katakan. No, tak ada penundaan [Pemilu] sama sekali. Tetap berjalan apa adanya," kata Megawati dalam acara Kickoff Pembentukan BRIDA, Rabu (20/4).


(thr/bmw)

#PenundaanPemilu2024 #PKB #Nasional

Powered by Blogger.