Breaking News

Resmi, Timnas dan Klub Rusia Dilarang Bertanding dalam Kompetisi FIFA-UEFA

D'On, Swiss,- FIFA dan UEFA resmi menghukum Rusia imbas invasi militer yang dilancarkan ke Ukraina. 


Tim nasional dan klub-klub Rusia dilarang bertanding dalam seluruh kompetisi sepak bola di bawah naungan FIFA dan UEFA. 

Hal itu disampaikan UEFA melalui laman resmi mereka pada Selasa (1/3/2022) dini hari WIB.  Adapun keputusan tersebut diambil Dewan FIFA bersama Komite Eksekutif UEFA. 

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional atau klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," demikian bunyi pernyataan kedua federasi. 

Dengan keputusan ini, tim nasional Rusia tidak bisa bertanding melawan Polandia dalam semifinal playoff Piala Dunia 2022 yang akan digelar Maret ini. 

Selain itu, klub Spartak Moscow juga keluar dari kompetisi Liga Europa. Spartak Moscow sebelumnya sudah memastikan tempat pada babak 16 besar Liga Europa dan akan melawan RB Leipzig. 

Dengan demikian, RB Leipzig pun otomatis melaju ke perempat final Liga Europa. 

"Sebagai konsekuensi dari keputusan hari ini oleh Komite Eksekutif UEFA untuk menangguhkan klub dan tim nasional Rusia dari kompetisi UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut, pertandingan Liga Europa antara RB Leipzig dan Spartak Moscow tidak dapat berlangsung dan RB Leipzig lolos ke perempat final," bunyi pernyataan UEFA, dilansir dari Sky Sports.


(Alang)

#sepakbola #Olahraga #FIFA #UEFA