Ini 5 Penyebab dan Dampak Pencemaran Air yang Wajib Diketahui

Dirgantaraonline.co.id,-  Permukaan air bisa mengalami kerusakan dan tercemar karena berbagai sebab. Kenali Penyebab dan dampak pencemaran air yang bisa terjadi sehari-hari.


Jika tidak ditanggulangi dengan baik, penyebab dan dampak pencemaran air bisa berakibat fatal.

Berikut kami rangkum sederet penyebab dan dampak pencemaran air yang wajib diketahui.

Penyebab dan Dampak Pencemaran Air

Pencemaran air adalah kondisi menurunnya kualitas air yang disebabkan oleh masuknya komponen asing berupa unsur, energi, atau zat lain ke dalam air akibat aktivitas manusia. Air yang tercemar ditandai dengan adanya perubahan warna, rasa, bau hingga kualitas air itu sendiri.

Penyebab Pencemaran Air

Pencemaran air disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, faktor utama yang menyebabkan air tercemar adalah sampah dan limbah. Adapun jenis-jenis pencemaran air akibat aktivitas manusia antara lain:

1. Pencemaran Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga dihasilkan dari aktivitas perumahan seperti rumah, pasar, perkantoran, rumah makan, rumah sakit sekolah dan lainnya. Sampah rumah tangga mungkin terlihat sepele. Namun, sampah ini ternyata dapat menyebabkan pencemaran air secara signifikan.

2. Pencemaran Limbah Industri

Limbah industri merupakan salah faktor yang paling besar dalam pencemaran air. Banyak pabrik yang membuang langsung limbah industri mereka ke perairan tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Padahal limbah industri mengandung sisa-sisa zat kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan.

3. Pencemaran Limbah Pertanian

Sektor pertanian juga dapat menyebabkan pencemaran air. Adapun limbah pertanian yang dimaksud berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman. Tidak hanya air permukaan, limbah pertanian juga menyebabkan pencemaran air tanah.

4. Pencemaran Limbah Peternakan dan Perikanan

Sektor peternakan dan perikanan juga turut menyumbang limbah yang menyebabkan pencemaran air. Adapun limbah peternakan dan perikanan ini berupa kotoran ternak dan sisa makanan ternak yang masih mengandung zat kimia.

5. Pencemaran Akibat Sampah

Penyebab pencemaran air yang paling umum adalah sampah. Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan sehingga masih saja membuang sampah sembarangan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran air.

Dampak Pencemaran Air

Banyaknya faktor yang menyebabkan pencemaran air membuat kondisi ini berdampak buruk bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Berikut dampak yang terjadi akibat pencemaran air.

Kerusakan ekosistem air

Bencana banjir dan tanah longsor

Biota air mati

Sumber air bersih berkurang

Gangguan kesehatan

Penurunan kualitas lingkungan

Keseimbangan lingkungan terganggu

Erosi

Penanggulangan Pencemaran Air

Untuk meminimalisir pencemaran air di kemudian hari, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Adapun beberapa cara mengatasi pencemaran air tersebut adalah:

Menggunakan air seperlunya.

Membuang sampah pada tempatnya.

Memisahkan sampah organik dan sampah anorganik.

Membuat kolam stabilisasi limbah rumah tangga.

Itulah sederet penyebab dan dampak pencemaran air yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat!

#pencemaranair
#pencemaranlingkungan
#limbah
(*)

Powered by Blogger.