Jaga Ekosistem dan Kenyamanan Warga di Aliran Sungai Batang Arau, BWSS V Lakukan Pengerukan Sedimen

D'On, Padang (Sumbar),- Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) kembali melakukan normalisasi sungai Batang Arau Kota Padang.


Kegiatan yang dilaksanakan melalui Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan (SatkerOP), BWSS V Padang. Pekerjaan pengerukan sedimentasi bertujuan agar air tidak meluap hingga pemukiman warga khususnya dikawasan Batang Arau.

Kepala Satker OP, Aditya sidik Waskito mengatakan pekerjaan sudah berjalan selama dua minggu, dan pengerukan dilakukan sedalam 2 meter, ujarnya mewakili Kepala BWSS V Padang.

"Pengerukan sedimen ini merupakan kegiatan setiap tahun BWSS V Padang. Pekerjaan ini bertujuan agar kedalaman aliran sungai Batang Arau tetap terjaga sekaligus menjaga ekosistem yang ada diarea sungai Batang Arau ini," cakapnya.

Ditambahkan Aditya, bahwa pengerukan sedimen pertama dikerjakan di hulu sungai Batang Arau. Yang merupakan dermaga tempat bersandarnya kapal-kapal kecil pencari ikan.

"Terlihat jelas nampak kondisi sedimentasi di aliran sungai Batang arau sudah cukup memprihatinkan dan sangat tebal, terlihat saat kondisi pasang surut nampak sekali sedimen lebih tinggi dari permukaan air dan bisa dijadikan lapangan bagi anak-anak kecil bermain bola, ucap Aidil warga yang tinggal dipinggir aliran Sungai Batang Arau kala ditemui media ini pada, Sabtu (6/11/2021).

Sampai saat ini masih nampak pekerjaan pengerukan masih berjalan. Terpantau dilapangan ada Dua alat berat milik BWSS V Padang masih stanby. Karena beberapa hari lalu terjadi air pasang dan hujan deras, sementara waktu nampak pekerjaan dihentikan kata Havis ketua RT Penggalangan.


(*/Mond)


Powered by Blogger.