7 Doa yang Dapat Dibaca saat Hamil Muda

Dirgantaraonline.co.id,- Dikaruniai momongan merupakan hal yang terindah bagi sepasang suami istri. Oleh karena itu, saat sang Mama positif hamil, Mama dan Papa pasti merasa bahagia dan menanti-nantikan kelahiran sang buah hati.

Demi kehamilan yang sehat dan lancar, Mama tentunya sebisa mungkin menjaga kesehatan diri sendiri dan sang janin.

Dimulai dari mengonsumsi makanan yang sehat, menjaga istirahat yang cukup, hingga olahraga yang teratur, semua dilakukan demi kesehatan si Kecil.

Selain membangun gaya hidup sehat, Mama juga dianjurkan untuk berdoa dan beribadah untuk mendoakan anak agar sehat sampai persalinan dan tumbuh menjadi anak yang soleh dan solehah.

Berdoa juga dapat menjaga ketenangan pikiran Mama yang juga sangat penting di masa-masa kehamilan. 

Nah, kali ini dirgantaraonline.co.id telah rangkum doa yang dapat dibaca saat hamil muda. Disimak yuk, Ma!


1. Membaca surat Al Fatihah

Doa pertama yang dapat Mama baca setiap hari adalah surat Al-Fatihah yang memiliki banyak keutamaan dan kebaikan bagi umat muslim.

Di dalam surat Al-Fatihah berisi tentang permohonan kepada Allah untuk ditunjukkan jalan yang lurus serta dijauhkan dari hal-hal yang merugi.

Bagi ibu hamil, surat Al-Fatihah dapat dibaca untuk meminta keselamatan sekaligus kesehatan Mama dan janin.

Tak hanya dibaca saat menunaikan salat, Mama juga bisa membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali, kemudian ditiupkan ke telapak tangan dan usapkan pada bagian perut untuk meredakan rasa sakit yang Mama alami selama masa kehamilan.

Berikut adalah lafal surat Al-Fatihah:

Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirabbil ‘alamiin. Arrahmaa nirrahim. Maalikiyaumiddin. Iyyakana’ buduwa iyya kanas ta’iin. Ihdinassyirathal mustaqiim. Sirathalladzina an ‘am ta ‘alaihim ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhooliin.

Artinya:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

2. Membaca ayat kursi

Selain Al-Fatihah, ayat kursi juga memiliki manfaat yang luar biasa saat dibaca di masa kehamilan.

Penggalan surat Al-Baqarah ini memiliki manfaat untuk menjauhkan Mama dari godaan setan dan berbagai macam kejahatan manusia.

Selain itu, ayat kursi juga berisi puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta, sehingga Mama yang membacanya akan merasakan ketenangan dalam hati dan tidak merasa cemas yang berlebihan.

Berikut adalah lafal ayat kursi:

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Membaca dua ayat terakhir Al-Baqarah

Doa selanjutnya yang bisa Mama baca selama hamil adalah dua ayat terakhir surat Al-Baqarah. Membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah memiliki manfaat yang telah dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

“Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia kelak diberi kecukupan.” (Hadits Riwayat Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Sebagian ulama juga ada yang mengatakan bahwa siapapun yang membaca surat ini akan dijauhkan dari gangguan setan. Ada juga yang mengatakan bahwa yang membacanya akan dijauhkan dari penyakit.

Mama bisa membaca dua ayat ini saat sore hari atau malam hari sebelum tidur.

4. Membaca surat Al-Insyirah

Surat Al Insyirah merupakan doa yang dapat Mama baca di masa kehamilan yang berperan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. 

Mama bisa membaca surat Al-Insyirah sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib, kemudian ditiupkan pada perut yang sedang mengandung. 

Di dalam surat ini, Allah telah menegaskan bahwa selalu ada kemudahan usai kesulitan. Ini bisa meyakinkan Mama bahwa seberat apapun proses kehamilan yang Mama jalani, pasti kelak Mama akan mendapat kemudahan.

5. Membaca tiga surat terakhir dalam Alquran

Doa selanjutnya yang dapat Mama baca setiap hari di masa kehamilan adalah tiga surat terakhir dalam Quran, yaitu An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas. Ketiga surat ini sangat dianjurkan dibaca oleh Mama dan Papa yang menantikan kehadiran sang buah hati di dalam perut.

Surat ini memiliki keutamaan sebagai penjaga umat muslim dan membuat diri lebih bersyukur. Doa ini juga mampu menjaga kesehatan Mama dan janin di dalam kandungan.

6. Membaca surat Al Hasyr

Surat Al-Hasyr, yaitu surat ke-59 dalam Quran, adalah doa selanjutnya yang dapat Mama baca saat sedang mengandung. Surat ini memiliki keutamaan sebagai pelindung sekaligus penyembuh berbagai macam penyakit yang mungkin Mama dan janin alami selama masa kehamilan.

Jika Mama rutin membaca surat ini, insyaallah Mama dapat terhindar dari gangguan jin, serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT. Mama bisa membaca surat ini sambil mengusap perut atau dibaca oleh Papa sebanyak tujuh kali lalu ditiupkan ke perut Mama.

7. Doa yang dapat Papa baca untuk mendoakan Mama dan janin

Selain doa-doa di atas, ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh Papa selama sang istri tengah mengandung. Berikut adalah lafalnya:

Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.

Artinya: 

Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.

Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.

Nah, itulah beberapa doa ibu hamil yang dapat Mama baca setiap harinya. Mama bisa mengajak Papa untuk bersama-sama mengamalkan doa-doa tersebut.

Perlu Mama ingat bahwa usaha tak akan cukup apabila tak dibarengi oleh doa. Semoga bisa diamalkan ya, Ma!


(*)

Powered by Blogger.