Doni Monardo Pensiun, Jokowi Tunjuk Ganip Warsito jadi Kepala BNPB

D'On, Jakarta,- Presiden Jokowi akan mengganti Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari kemiliteran. Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia Letjen TNI Ganip Warsito akan menggantikan posisi Letjen TNI Doni Monardo.

Tenaga Ahli BNPB sekaligus staf khusus Doni Monardo, Egy Massadiah, membenarkan terkait pergantian Kepala BNPB tersebut. "Digantikan Letjen Ganip Warsito," kata Egy kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

”Direncanakan besok [hari ini] pelantikan pukul 10.00 WIB di Istana Negara oleh Presiden, dan dilanjutkan siang harinya serah terima jabatan di Graha BNPB,” lanjut Egy.

Terkait sosok pengganti Doni Monardo, Egy menjelaskan saat Doni melepaskan jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Dan Yonif) 741/Satya Bhakti Wirottama di Bali, yang menggantikan adalah Ganip Warsito. "Jadi, Pak Doni sudah mengenal siapa penggantinya itu,” terang Egy.

Dari sumber Istana juga mengonfirmasi pengganti Doni Monardo.

"Pengganti Kepala BNPB Pak Ganip, Kasum TNI," ujar salah seorang sumber, Selasa (25/5/2021). 

Sebagai catatan, Doni yang juga mantan Danjen Kopassus ini sudah berumur 58 tahun per 10 Mei 2021. Ganip pun akan dilantik sebagai Kepala BNPB, Selasa (25/5/2021) setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara.

Presiden Jokowi sebelumnya melantik Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Pelantikan Doni didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang pengangkatan Kepala BNPB.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Doni merupakan Sekretaris Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional. Jenderal bintang tiga ini pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain juga menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Panglima Kodam Pattimura, dan Pangdam Siliwangi, Jawa Barat.

Sedangkan sosok pengganti Doni Monardo, Ganip Warsito saat ini tengah menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Sebelum menjabat sebagai Kasum TNI per Januari 2021, Ganip adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. 

Ganip merupakan lulusan Akmil 1986 atau seangkatan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pria kelahiran 23 November 1963 ini juga pernah menjabat sebagai Asops Panglima TNI (2018-2019), Pangdam XIII/Merdeka (2016-2018) serta Pangdiv 2/Kostrad (2015-2016).


(Tirto)

Powered by Blogger.