Breaking News

Satgas Nemangkawi Tembak Mati Komandan Peleton KKB Tembaga Pura Ferry Ellas

D'On, Papua,- Kontak senjata antara Satgas Nemangkawi dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua terjadi di Mile 53 pada Minggu 28 Februari 2021. Saat penyisiran usai baku tembak, ditemukan satu jenazah yang diketahui merupakan Komandan Peleton (Danton) KKB Tembaga Pura.

"Memastikan bahwa KKB yang tewas adalah Ferry Ellas, Danton KKB Tembaga Pura," tutur Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adinata dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, penembakan dilakukan oleh Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak dengan Ferry Ellas sebagai Danton. Setelah kontak senjata, mereka melarikan diri ke arah hutan.

"Pada tanggal 1 Maret 2021 sekira pukul 06.20 WIT, personel gabungan Ops Nemangkawi 2021 melanjutkan perjalanan dan ditemukan satu jenazah berjenis kelamin laki-laki tergeletak di depan camp, selanjutnya dilakukan Olah TKP," jelasnya.

Saat pemeriksaan TKP, penembakan kembali dilakukan KKB dan petugas akhirnya memilih untuk meninggalkan lokasi. Identifikasi jenazah turut melibatkan dua terdakwa anggota KKB berinisial MM dan OM yang mengkonfirmasi identitas jasad tersebut adalah Ferry Ellas.

Adapun peranan Ferry Ellas antara lain, ikut dalam deklarasi penggabungan KKB sepegunungan tengah pada tanggal 1 Agustus 2019 di Ilaga. Kemudian terlibat dalam aksi perampasan ponsel terhadap masyarakat sipil di Puncak Ilaga pada Agustus 2019.

Selanjutnya, Ferry ikut dalam tim KKB gabungan dan mengganggu stabilitas keamanan di Tembagapura pada 2020. Dia juga terlibat dalam kasus penyanderaan guru dan melakukan tindak pidana pencurian ponsel pada 22 Februari 2020 di Kampung Jagamin.

"Ferry juga melakukan penembakan terhadap Pos Pam TNI Polri di Opitawak pada bulan Maret 2020," Era menandaskan.

 

(mdk/fik)