2 Pilot Susi Air Disandera KKB Papua Akhirnya Dibebaskan

D'On, Papua,- Dua pilot pesawat PT Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) atau Susi Air disandera Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak Papua, Jumat (12/3) kemarin. Aksi penyanderaan terjadi di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak.

"Kami telah mendapat laporan informasi adanya penyanderaan pesawat selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak," kata Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa dalam keterangan pers, Sabtu (13/3).

Suriastawa menyampaikan, penyanderaan berakhir setelah negosiasi antara penumpang dengan pihak KSB. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.36 Wit Pesawat Susi Air PK BVY take off menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

"Meskipun tidak terjadi korban, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak Kepolisian," tambahnya.

Diketahui lapangan terbang Wangbe di Kab Puncak berjarak 43 km dari Sinak atau 48 km dari Sugapa, dan belum terdapat jaringan telepon dan internet. 

(mdk/rhm)


No comments

Powered by Blogger.