Menakjubkan! ASN Wanita Berkeliling Ajak Pria Melaksanakan Salat Jumat

D'On, Padang,- Meningkatkan kesadaran kaum pria untuk melaksanakan salat Jumat, ajakan ke masjid di tiap Jumat selalu didengungkan. Hebatnya, di Kecamatan Pauh, Kota Padang, ajakan salat Jumat dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita. Mereka yang sehari-hari bertugas di Kantor Camat, berkeliling menjelang salat Jumat dimulai.  

Menggunakan kendaraan roda empat, ASN wanita menyusuri tiap pelosok daerah di Kecamatan Pauh.  Bermodalkan pengeras suara yang dipasang di bagian atas mobil info kecamatan, ASN wanita mengingatkan seluruh pria untuk ke masjid.  

"Kami dari Kecamatan Pauh mengingatkan dan mengimbau kepada bapak-bapak semua bahwa hari ini adalah hari Jumat.  Tinggalkan semua aktifitas,  hentikan segala kegiatan dan mari beramai-ramai ke masjid untuk salat Jumat," imbau seorang ASN wanita lewat pengeras suara dari atas mobil info kecamatan.  

Mobil info kecamatan berkeliling satu jam sebelum salat Jumat dimulai.  Mobil ini mengitari seluruh kelurahan.  Dua ASN wanita di atas mobil info kecamatan berbagi tugas.  Satu wanita duduk di belakang kemudi.  Sedangkan satu wanita lainnya memegang mic dan mengimbau warga.  

Camat Pauh Jasman menyebut, hal ini sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa waktu belakangan. Kegiatan mengimbau warga untuk salat Jumat merupakan salah satu bentuk kepedulian dan inovasi yang dilakukan, khususnya bidang keagamaan. 

"Sehingga masyarakat di Kecamatan Pauh, khususnya kaum laki-laki pada hari Jumat memang betul-betul hadir dan mengikuti salat Jumat di masjid di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," harapnya,  Minggu (7/2/2021).

Dijelaskan Jasman, kegiatan ini juga diselaraskan dengan program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang. Program unggulan nomor empat, yakni Melanjutkan Penyelenggaraan

Pesantren Ramadhan, Kegiatan Keagamaan, Seni Budaya dan Olahraga yang Lebih Berkualitas.

Jasman berharap kehidupan berkeagamaan di Kecamatan Pauh tetap terjaga dengan baik. Imbauan dan ajakan ini menjadi salah satu bentuk mendekatkan umat dengan nilai-nilai keagamaan, terutama di tengah pandemi Covid-19. 

"Tentunya ke depan warga Kecamatan Pauh khususnya yang laki-laki yang beragama Islam akan merasa malu jika tidak salat Jumat," tutur camat.

(Charlie Ch. Legi)

Powered by Blogger.