Program Koin Peduli Bantu Belajar Daring

D'On, Padang,- Belajar daring di rumah ibadah kini mulai dilakukan. Teranyar, Surau Kolam (Musala Abdullah), Kampung Jambak, Batipuh Panjang, Koto Tangah memiliki wifi gratis bagi warganya. Mahasiswa UIN Imam Bonjol yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah itu menginisiasi program tersebut demi kelancaran belajar anak di masa pandemi Covid-19 ini.

Memudahkan akses internet di Surau tersebut, program Koin Peduli milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang mendonasikan bantuan. Bantuan itu diharapkan akan membantu anak didik yang belajar di Surau yang berada di pinggir jalan Bypass.
“Program Koin Peduli memang dimaksudkan untuk membantu sesama. Kali ini yang dibantu Musala Abdullah, sebagai salah satu wujud kepedulian di bidang pendidikan,” kata Kepala Diskominfo Padang, Rudy Rinaldy, Selasa (1/9/2020).

Menurut Rudy, donasi yang diberikan kepada Surau itu jumlahnya memang tidak seberapa. Akan tetapi Rudy berharap dengan donasi itu meringankan warga setempat dalam membayar wifi bulanan. Sehingga anak-anak sekitar dapat belajar daring setiap hari tanpa terkendala jaringan.

“Jangan sampai wabah ini membuat anak-anak kita menjadi miskin ilmu karena kesulitan menerima didikan sekolah, Koin Peduli ambil bagian mencegah hal itu terjadi. Semoga bermanfaat dan langkah ini hendaknya ditiru oleh yang lain yang lebih mampu,” jelas Kadis.

Wifi gratis di Surau Kolam berkat sumbangan warga sekitar. Tiap warga dipungut biaya untuk mencukupi angsuran bulanan wifi tersebut. Sebanyak lebih kurang 30 anak belajar sejak pagi hingga siang di Surau itu.

Pimpinan rombongan KKN UIN Imam Bonjol, Abdurrahman menyebut bahwa selain memasang wifi gratis di Surau Kolam, mereka juga memasang hal serupa di dua masjid di kawasan Koto Tangah. Seperti di masjid yang terletak di Kompleks BSD 2, RT 04 RW 05, Kelurahan Pasie Nan Tigo, serta di Wisma Indah Lestari RT 02 RW 17, Kelurahan Lubuk Buaya.

“Kami berterimakasih sekali kepada seluruh keluarga besar Dinas Kominfo Kota Padang yang telah membantu, semoga dilimpahi pahala,” ujarnya.

(Charlie Ch. Legi)

No comments

Powered by Blogger.