Biden Sebut Trump Presiden Terburuk yang Pernah Dimiliki AS


D'On, Amerika Serikat (AS),- 
Debat capres Amerika Serikat (AS) pertama antara calon petahana Donald Trump dan Joe Biden berlangsung sengit. Kedua kandidat saling melontarkan serangan. Moderator berusaha mengendalikan acara yang berlangsung selama 90 menit itu.Debat capres pertama ini dimulai pada Selasa (29/9) malam waktu setempat di Sheila and Eric Samson Pavilion, Cleveland, Ohio.

"Maukah Anda tutup mulut, Bung?" kata Biden dalam debat yang diselenggarakan di Cleveland, Ohio.

"Sulit untuk berbicara dengan badut ini," lanjutnya, dikutip dari CBS News, Rabu (30/9).

Moderator Chris Wallace dari Fox News berusaha mengendalikan situasi saat dia menanyai para kandidat terkait Mahkamah Agung, ekonomi, pandemi virus corona, dan banyak isu lainnya.

Dia berulang kali menegur Trump karena berbicara memotong Biden dan mengabaikan aturan yang telah disetujui kedua belah pihak.

Trump melontarkan rentetan tuduhan tidak berdasar terhadap Biden dan keluarganya, menanyakan pekerjaan putranya Hunter Biden di Ukraina dan mengungkit sejarah penyalahgunaan narkoba Biden saat masih muda.

Trump menolak mengecam kelompok supremasi kulit putih dan membela upayanya menangani pandemi virus corona yang telah merenggut lebih dari 200.000 nyawa orang Amerika, mencoba menggambarkan Biden sebagai seorang sosialis yang tidak memenuhi syarat untuk menempati Ruang Oval Gedung Putih.

"Apakah Anda menggunakan kata pintar?" Trump bertanya pada Biden pada satu titik.

"Anda lulus (dengan nilai) paling rendah atau hampir paling rendah di kelas Anda. Jangan pernah menggunakan kata pintar, Joe."

Saat gilirannya, Biden mencoba mengarahkan jawabannya kepada penonton yang menonton di rumah. Dia menyebut Trump "presiden terburuk yang pernah dimiliki Amerika," menyalahkannya karena ceroboh menanggapi pandemi dan memicu perpecahan rasial di tengah protes baru-baru ini terhadap kebrutalan polisi.

"Ini adalah presiden yang telah menggunakan segalanya seperti peluit anjing untuk mencoba membangkitkan kebencian rasis, perpecahan rasis," lontar Biden

Kedua kandidat dijadwalkan bertemu dalam dua pekan mendatang, pada 15 Oktober, untuk debat kedua di Salt Lake City, Utah. 

(CBS news/mdk/pan)


No comments

Powered by Blogger.