Breaking News

Ternyata Otak Pelaku Penembakan Bos Pelayaran Sewa Eksekutor Rp 200Juta

D'On, Jakarta,- Polda Metro Jaya membeberkan peran karyawati berinisial NL (34) terkait penembakan bos pelayaran Sugianto (51) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis, 13 Agustus 2020.

Dia menyiapkan uang Rp200 juta untuk menyewa pembunuh bayaran agar mau membunuh bosnya tersebut. Uang itu pun diberikan secara transfer dan cash pada para pelaku.

"NL ini menghubungi R alias MM selaku suami sirihnya dan meminta agar korban dibunuh atau dieksekusi. NL juga sudah menyiapkan dana Rp200 juta untuk mencari pembunuh bayaran," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana pada wartawan, Senin (24/8/2020).

Menurutnya, sebelum menyewa pembunuh bayaran, NL dan R alias MM bersama sejumlah pelaku lainnya pun melakukan perencanan pembunuhan. Lantas, saat mendapatkan pembunuh bayaran yang dimaksud, salah satunya DM selaku eksekutor, mereka pun mulai menjalankan aksi pembunuhannya.

"Uang Rp200 juta itu, setengahnya ditransfer ke R alias MM sebagai DP dan sisanya diberiksan secara cash ke R alias MM. Lalu, R alias MM ini memberikan semuanya ke eksekutor DM dan DM membagi-bagikannya ke tersangka lainnya, diantaranya S 20 juta dan AJ 10 juta," tuturnya.

Adapun uang Rp200 juta tersebut, tambahnya, diketahui merupakan uang simpanan milik NL, hanya saja bakal ditelusuri lebih lanjut apakah ada uang dari hasil penggelapan pajak perusahaan milik korban ataukah tidak.

Saat ini, penyidik juga masih mendalami lebih lanjut berapa jumlah pajak yang belum dibayarkan oleh perusahaan milik korban tersebut, yang mana menjadi alasan korban berniat melaporkan tersangka NL ke polisi.

(mond/okz)