Kapolri Jenderal Idham Azis Angkat 8 Kapolda Baru, Ini Profilnya

D'On, Jakarta,- Kepala Kepolisian RI atau Kapolri Jenderal Idham Azis mengangkat 8 orang kepala kepolisian daerah baru. Mutasi itu tertuang dalam sejumlah surat telegram pada 3 Agustus 2020.

Berikut profil ke-8 kapolda baru tersebut:

1. Inspektur Herry Rudolf Nahak (Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur)

Lulusan Akademi Kepolisian 1990 ini sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri. Dalam masa tugasnya, ia dikenal sebagai yang berpengalaman dalam bidang reserse.

2. Inspektur Jenderal Merdisyam (Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan)

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Sulawesi Tenggara. Di perjalanan karirnya, nama Merdisyam mulai ramai dibicarakan ketika datangnya tenaga kerja asing asal Cina ke wilayahnya pada Maret 2020 lalu.

3. Inspektur Jenderal Lotharia Latif (Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur)

Selama berkarir, Lotharia pernah menjabat sebagai Kakorpolairud Baharkam, Dirpolair Kolpolairud Baharkam, Wakapolda Sulawesi Utara, hingga Karowatpers SSDM Polri.

4. Inspektur Bambang Kristiyono (Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara)

Lulusan Akademi Kepolisian 1988 ini sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam, Pati SSDM, Dir Informasi Strategis dan Bantuan Hukum Depbid Sengketa dan Perkara BPN, dan Kapolrestabes Semarang.

5. Inspektur Jenderal R. Z. Panca Putra - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara


Eks Direktur Penyidikan KPK ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1990. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal. Pada 2010 hingga 2011 dia menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Jateng. Tahun 2012, ia menjabat Dirreskrimsus Polda Kalteng.


6. Brigadir Jenderal Akhamd Wiyagus - Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo.


Sama seperti Herry Rudolf Nahak, ia juga dikenal berpengalaman di bidang reserse. Dalam karirnya, Akhmad pernah menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat, Wakapolda Maluku, dan Dirtipidkor Bareskrim.


7. Brigadir Jenderal Abdul Rakhman Baso - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah.


Lulusan Akademi Kepolisian 1998 ini berpengalaman di bidang brimob. Ia berkarir di ranah brimob sejak 2013, tercatat pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Brimob, Kabagops Korbrimob, Danpas Pelopor Korbrimob, dan Wakil Komandan Korbrimob.


8. Brigadir Jenderal Yan Sultra Indrajaya - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara.


Sebelumnya, Yan merupakan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara. 


(mond/tempo)


No comments

Powered by Blogger.