Intensitas Hujan Tinggi, Tiga Nyawa Terenggut Tanah Longsor

D'On, Padang,- Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Sumatera Barat sejak Kamis (11/10/2018) sore hingga malam hari. Akibat derasnya hujan beberapa wilayah di Sumbar dihantam banjir dan tanah longsor.

Ada lima wilayah yang terdampang bencana, banjir bandang dan tanah longsor yaitu, Kabupaten Pasaman, Kabupaten 50 Koto, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman.

Dari hasil pantauan dilapangan tanah longsor terjadi di daerah Tanjung Bonai, Tanah datar, Sedangkan di daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Bayang dan IV Jurai genangan air cukup tinggi mencapai kurang lebih 40cm dan di kenagarian Bukit Putus ada tanah longsor hingga menghambat jalur lalu lintas. Di Kabupaten Pasamana Kecamatan Bonjol, banjir besar melanda karena meluapnya Sungai Hulu Masang. Satu jembatan penghubung dikabarkan putus.
Daerah 50 Koto, luapan air sangat tinggi. Menurut keterangan Joni Amir Kepala BPBD 50 Koto, rumah memasuki beberapa rumah warga, dampak terbesar ada di daerah Pangkalan. Menurut keterangan Joni, sampai saat ini belum ada korban jiwa atau orang hanyut, namun beberapa rumah terendam sampai 70cm.
Di Kabupaten Padang Pariaman, Tingginya curah hujan mengakibatkan tanah longsor dan menghantam rumah warga, dari laporan dilapangan dikabarkan Tiga orang kakak beradik tewas tertimbun tanah. Hingga berita ini tayang belum diketahui berapa jumlah korban jiwa dan kerugian materil warga. (mond)
Powered by Blogger.