Surati BWSS V, Wako Hendri Septa Minta Bendungan Irigasi Kasang Segera Diperbaiki

D'On, Padang (Sumbar),- Bendungan Irigasi Kasang Dua Sikayan yang diketahui cukup lama rusak, saat ini tengah diupayakan perbaikannya.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu meninjau bendungan yang terletak di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah itu, Minggu (5/9/2021) pagi.

Dengan mengendari motor bersama rombongan, orang nomor satu di Kota Padang itu pun melihat langsung kondisi bendungan yang sudah tak lagi berfungsi sejak tahun 2016 tersebut. 


Dalam kesempatan itu juga hadir Kajari Padang Ranu Subroto beserta Anggota DPRD Padang dapil setempat Jumadi dan Muchlis. 

Selain itu juga terlihat Plh Sekda Edi Hasymi bersama sejumlah kepala OPD Pemko Padang diantaranya Kepala DPRKP Tri Hadyanto, Kadis Perdagangan Andree Algamar, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, Kabag Hukum Yopi Krislova serta Camat Koto Tangah Junie Nursyamza bersama lurah dan elemen masyarakat setempat.

"Beberapa waktu lalu memang sempat terjadi banjir hebat di kawasan ini yang ditengarai karena bendungan tersebut tidak lagi berfungsi. Sehingga sewaktu datang air bah, air bah tersebut mengarah ke permukiman warga sehingga banjir pun tak terelakkan," tutur Wako Hendri Septa yang disambut antusias warga saat itu.

Hendri mengatakan, setelah peninjauan ini pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V terkait penanganan Bendungan Irigasi Kasang Dua tersebut.

"Insya Allah bendungan ini segera diperbaiki, apalagi akhir-akhir ini iklim cukup ekstrim karena sering hujan dengan curah tinggi. Hal tersebut harus kita upayakan demi melindungi warga dari banjir begitu juga areal persawahan mereka," imbuhnya.

"Kita sudah menyurati pihak BWS Sumatera V seminggu yang lalu dan semoga saja realisasinya segera dilakukan. Insya Allah bendungan ini dapat diperbaiki disertai normalisasinya," pungkas wali kota.

(David/Mul/Ady)

Powered by Blogger.