Jokowi: Pelabuhan Patimban akan Jadi Kunci Pergerakan Ekonomi Nasional

D'On, Subang (Jabar),- Pemerintah secara resmi telah mengoperasikan proyek infrastruktur Pelabuhan Internasional Patimban yang terletak di Subang, Jawa Barat Minggu (20/12/2020). Peresmian ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara virtual.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan Pelabuhan Patimban akan  menjadi salah satu kunci penghubung antar kawasan industri baik dalam negeri maupun internasional, serta lebih menggerakkan perekonomian nasional secara luas.

"Keberadaan Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antarkawasan seperti industri manufaktur, pariwisata, dan sentra-sentra pertanian serta menopang percepatan ekspor,” kata Jokowi dalam sambutan virtualnya.

Yang lebih membanggakan Jokowi adalah karena proyek ini diselesaikan dalam kondisi ekonomi yang sedang tertekan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

"Di tengah-tengah pandemi ini, salah satu proyek strategis nasional yaitu pembangunan Pelabuhan Patimban fase 1 telah kita selesaikan," ujar Jokowi.

Adapun hari ini Pelabuhan Patimban akan melaksanakan ekspor perdana. Barang yang diekspor adalah 140 unit mobil ke Brunei Darussalam.

Jokowi mengungkapkan dengan kapasitas terminal hingga 218 ribu mobil dan nantinya menjadi 600 ribu kendaraan, diharapkan akan meningkatkan ekspor otomotif nasional ke pasar global.
 

(suara)

No comments

Powered by Blogger.