Tidak Ingin Susahkan Orang, Kakek 102 Tahun Gali Kubur Dirinya Sendiri Jika Meninggal Nanti

D'On, Rembang (Jateng),- Beralasan tak mau merepotkan orang lain ketika meninggal dunia nanti, seorang kakek memutuskan mempersiapkan lubang kuburnya sendiri.


Sumadi, pria senja berusia 102 tahun asal Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini sudah satu minggu menggali kubur di area pemakaman untuk dirinya sendiri.


“Kapan meninggalnya saya emang enggak tahu, tapi saya siap-siap buat diri sendiri jadi enggak ngerepotin yang muda,” ucap dia.


Posisi makam yang digalinya itu sendiri persis berasa di samping makam istri tercintanya yang sudah lebih dulu meninggal dunia.


Selain alasan tidak mau merepotkan, aktivitas menggali kubur sendiri ini juga dilakukannya untuk mengusir rasa bosan dikala menganggur.


“Ini buat saya kalau mati. Daripada saya nganggur, sedikit-sedikit saya gali ini,” tuturnya.


Aktivitas gali kubur yang dilakukan Sumadi ini sebelumnya sudah mendapat teguran dari pihak keluarga hingga perangkat desa.


Namun kakek yang juga bekerja sebagai penggali kubur ini tetap bersikukuh melakukannya, bahkan menolak jika ada warga yang ingin membantu.


Dan selain lubang kubur, Sumadi juga segera mempersiapkan perlengkapan lain seperti nisan dan juga kain kafan, sebagaimana dilansir today line me.


(PSC)


No comments

Powered by Blogger.