10 Peristiwa Heboh Setahun, Era Kepemimpinan Jokowi-Maruf

D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah genap satu tahun menjadi pemimpin Indonesia. Sejumlah peristiwa besar maupun yang menghebohkan diketahui terjadi selama duet kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf. Apa saja?

1. Prabowo jadi Menteri 
Pada bulan Oktober 2019, secara mengejutkan, Presiden Joko Widodo menunjuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan. Penunjukan Prabowo ini menghebohkan publik sebab Prabowo merupakan rival Jokowi dalam dua kali pilpres yakni pada 2014 dan terakhir 2019.

Bukan hanya saling sindir, saat bekompetisi menjadi capres keduanya juga saling mengkritisi dan melontarkan pernyataan yang menghebohkan masyarakat. Setelah gelaran pilpres selesai dan gugatan di MK diselesaikan, keduanya kembali akrab dan bertemu di moda transportasi MRT.

2. Jokowi Dianugerahi 'Asian of the Year 2019'
Dalam beberapa bulan kepemimpinannya di periode kedua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Asian of The Year dari media Straits Times Singapura. Ketika mendapatkan penghargaan tersebut Wajah Jokowi terpampang di headline koran tersebut tertanggal 05 Oktoner 2020.

Sejumlah pencapaian dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo di tingkat internasional adalah memimpin disahkannya ASEAN Outlook on Indo-Pacific (Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik) sebagai strategi ASEAN dalam menghadapi dinamika geo-politik kawasan. Hal itu menjadikan Jokowi diakui sebagai sosok yang cekatan dalam menangani isu domestik dan global

3. Dihantam Pandemi COVID-19
Baru empat bulan memimpin di periode keduanya, Presiden Jokowi harus menghadapi ancaman virus yang muncul dari Wuhan China. Virus tersebut mulai merebak di China pada akhir tahun 2019 dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2020.

Kasus COVID-19 pertama di Indonesia yakni menimpa dua orang warga asal Depok, Jawa Barat yang terinfeksi COVID dari sebuah pesta dansa di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Dua orang pertama yang positif itu membuat masyarakat tanah air heboh dan memborong masker secara besar-besaran.

4. Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet
Presiden Jokowi sempat marah karena kinerja sejumlah menterinya yang dianggap kurang maksimal dalam menangani Pandemi COVID-19. Setelah itu, teguran Jokowi kepada sejumlah Menternya, isu reshuffle mengemuka.

Jokowi mengatakan akan melakukan langkah extraordinary untuk keselamatan ratusan juta masyarakat Indonesia. Dia menekankan, kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama untuk dilakukan.

5. Isu Calon Sekjen PBB
Untuk pertama kalinya sejak menjadi Presiden, Joko Widodo hadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi memberikan pidatonya dalam bahasa Indonesia dan direspons positif oleh sejumlah pihak.

Bahkan, seorang pianis asal tanah air, Ananda Sukarlan yang mengusulkan agar Jokowi bisa menjadi Sekjen PBB. Usulan ini diamini komposer Addie MS dan juga sejumlah warganet.

6. Angkat Ahok jadi Komisaris Pertamina
Peristiwa pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama menjadi Komisaris Utama PT Pertamina juga sempat menghebohkan tanah air. Presiden Jokowi telah menyetujui pengangkatan Ahok menjadi Komisaris Utama Pertamina.

Dalam mengemban tugas itu, Ahok tidak sendirian. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ditemani oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin yang akan menjadi Wakil Komisaris Utama.

7. Anak-Menantu Jokowi Maju Pilkada 
Majunya keluarga Presiden dalam Pilkada Serentak 2020 juga menjadi berita yang menjadi sorotan masyarakat. Anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, memutuskan untuk ikut dalam Kontestasi Pilkada serentak 2020. Gibran memilih kota Surakarta (Solo) untuk maju mencalonkan diri sebagai Walikota meneruskan jejak sang ayah.

Selain Anak, menantu Jokowi Bobby Nasution, juga tertarik untuk mengikuti ajang Pemilihan kepala daerah. Bobby yang merupakan suami Kahiyang Ayu ini memilih mencalonkan diri sebagai wali kota di Kota Medan Sumatera Utara.

8. RUU HIP dan Jokowi Putuskan Tunda Bahas
Munculnya RUU Haluan Ideologi Pancasila banyak dikritik sejumlah masyarakat. Banyak yang mengkaitkan munculnya RUU HIP ini dengan kemunculan ideologi Komunisme yang berusaha mengubah Pancasila.

Atas dasar itu, banyak yang melakukan penolakan terhadap RUU HIP ini, aksi penolakan tak hanya terjadi di jakarta tetapi juga daerah lain seperti Surabaya, Jawa Timur. Ribuan orang yang merupakan gabungan dari ormas Islam dan ormas lainnya turun ke jalan melakukan penolakan RUU HIP

9. Gelar Kehormatan ke Fadli Zon dan Fahri Hamzah
Presiden Jokowi kembali menjadi sorotan ketika Dia memberikan gelar kehormatan kepada dua tokoh nasional yakni Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Hal ini cukup mengagetkan masyarakat karena selama ini Fahri dan Fadli kerap melayangkan kritik keras kepada Jokowi.

Pemberian penghargaan ini merupakan hal yang wajar, sebab Fahri dan Fadli sempat menjadi Wakil Ketua DPR periode 2014-2019. Penghargaan yang diberikan yakni berupa Bintang Mahaputera Nararya.

10. Omnibus Law Tuai Demo Besar
Terkini yang menghebohkan masyarakat adalah ketika DPR RI bersama pemerintah mengesahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. UU tersebut merupakan gabungan dari banyak UU terkait kemudahan berinvestasi dan ketenagakerjaan.

Banyak yang menentang karena UU ini dianggap lebih membela pengusaha ketimbang rakyat. Selain itu, UU ini juga dianggap akan berdampak negatif bagi lingkungan dan kelestarian alam di Indonesia. Sampai saat ini aksi Penolakan UU Cipta Kerja masih terus terjadi.

(ren/VV)


No comments

Powered by Blogger.