Sejumlah Ilmuwan Desak Pemerintah Tutup Kunjungan Penjara dan Panti Wreda

D'On, Jakarta,- Sejumlah ilmuwan dan peneliti yang tergabung dalam Indonesian Young Scientist Forum meminta pemerintah melalui BNPB agar segera menutup kunjungan sementara semua penjara dan panti wreda.

Penutupan kunjungan sementara ini penting sebagai mitigasi dan penanggulangan pandemi wabah virus corona atau Covid-19 yang terus meningkat di tanah air.

"Kami dari Indonesian Young Scientist Forum merekomendasikan dengan segera penutupan sementara kedua tempat itu dari kunjungan pihak luar," kata Dr. Berry Juliandi, Sekjen Akademi Ilmuan Muda Indonesia (ALMI), Jumat (27/3/2020).

Rekomendasi penutupan dua tempat rentan itu telah diserahkan kepada BNPB.

Berry menjelaskan, penyebaran COVID-19 yang makin meluas di Indonesia karena transmisi dari manusia ke manusia, baik yang memiliki simptom maupun tidak sangat potensial dapat menulari penjara seperti Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan dan panti wreda. Baru-baru ini Covid-19 juga telah menulari penjara di New York dan dilaporkan dua penghuninya positif terinfeksi virus corona.

Begitu pula dengan panti wreda yang huni oleh para lansia, mereka sangat rentan terinfeksi. Oleh karena, lanjutnya, harus diproteksi segera.

"Sedangkan panti wreda perlu dilindungi karena dihuni oleh lansia yang rentan terhadap penularan," pungkasnya.

(mond/heta)

No comments

Powered by Blogger.