Tarik Wisatawan dan Majukan Sektor Pariwisata, 3 Event Besar Bakal Digelar di Kota Padang

D'On, Padang,- Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat bakal menggelar beberapa kegiatan menarik bernuansa pariwisata di tahun 2020 ini.

Kegiatan yang akan dihelat selama 3-5 April itu, diantaranya mulai dari Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo disertai Lomba Selaju Sampan serta  Padang KulinerRun yang bakal dipusatkan di kawasan Kota Tua, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang.

Hal itu terungkap dalam jumpa pers yang dilakukan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Anggota Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Raseno Arya dan Alam Gunawan selaku panitia pelaksana kegiatan itu nantinya. Juga hadir dikesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian, Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldi serta Kabag Humas Setda Kota Padang Amrizal Rengganis dan lainnya.

Raseno menyampaikan, ia pun sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang dipimpin Wali Kota Mahyeldi dan Wakil Wali Kota Hendri Septa yang terlihat terus bergerak dan intens melakukan upaya pembangunan di berbagai bidang salah satunya di sektor pariwisata di Kota Padang.

"Tiga kegiatan yang akan kita gelar ini semata-mata untuk memberikan hiburan bagi masyarakat. Di samping itu tentu juga diharapkan memberikan banyak manfaat bagi pariwisata Kota Padang. Kita menargetkan semoga Kota Padang akan banyak didatangi wisatawan lokal dan mancanegara selama event ini berlangsung. Insya Allah untuk pembukaan kegiatan akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata," tuturnya.

Penggagas event Tour de Singkarak (TdS) itu  melanjutkan, dengan banyaknya wisatawan ke Kota Bengkuang untuk mengikuti rangkaian 3 event itu tadi, tentu akan menghidupkan perekonomian di Kota Padang baik dari sektor perhotelan, pelaku usaha dan lainnya.

"Jadi inilah yang menjadi konsen dan harapan kita ke depan. Semoga berjalan lancar dan sesuai harapan. Sebagaimana Kemenpar siap mendukung," cetusnya.

Senada dengan Raseno, Alam Gunawan juga menuturkan bahwa keberhasilan dan kemajuan suatu daerah juga bergantung terhadap pariwisata.

"Kita dan semua orang mengetahui Padang memiliki pariwisata andalan dimana terdapat hamparan laut nan indah disertai sungai-sungai, perbukitan dan adanya kawasan kota lama (heritage) di samping kulinernya yang enak sekali," cetus dia.

Sementara itu Wali Kota Mahyeldi mengatakan, berharap 3 event yang digelar ini akan menggeliatkan pariwisata di Kota Padang. Ia pun berharap semua pihak terlibat dan stakeholder terkait dapat memaksimalkan event tersebut, sebagaimana direncanakan bakal menghadirkan minimal sebanyak 10 ribu orang baik dari dalam dan luar Sumbar atau mancanegara.

"Alhamdulillah Kemenpar terus memberikan dukungan yang luar biasa bagi kita di Kota Padang khususnya. Alhamdulillah untuk Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo yang juga didukung Kemenpar kita telah sukses dengan meraih dua rekor MURI pada tahun lalu. Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini akan meramaikan orang datang ke Kota Padang. Kemudian ekonomi masyarakat semakin bergerak dan Kota Padang pun semakin maju dan berkembang," imbuh wako.

(hms pdg)

No comments

Powered by Blogger.