Breaking News

Waspada Penipuan di Counter ATM, Polisi Himbau Nasabah Laporkan Pada Petugas Resmi

D'On, Tangerang (BANTEN),- Maraknya aksi penipuan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang sering terjadi saat ini, jajaran Kepolisian Tangerang Selatan menghimbau kepada masyarakat untuk terus berhati-hati saat bertransaksi.

Dikatakan Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander Yurikho, jika menemukan kendala dengan kartu ATM saat bertransaksi, sebaiknya nasabah jangan untuk mempercayai siapapun kecuali petugas resmi Bank tersebut.

"Bila ada kendala ataupun masalah saat  terjadi transaksi di ATM, sebaiknya nasabah jangan percaya kepada siapapun selain operator Bank tersebut," kata Alexander di Mapolres Tangsel, Selasa (20/11/2018).

Selain itu, Alexander juga mengimbau untuk segera melapor kepada aparat setempat bila merasa ditipu oleh oknum yang diduga melakukan tindak kejahatan.

Pasalnya, berbagai modus penipuan ATM mulai dari kartu yang diganjal sampai ditipu dengan omongan marak terjadi.

"Bila kejadian ini pernah menimpa nasabah, sebaiknya segera melapor, biar kita tindak lanjuti oleh petugas polisi," ujar Alexander.

Jajaran Polres Tangerang Selatan baru saja mengamankan dua orang yang diduga menjadi tersangka penipuan ATM yang menggunakan modus berpura-pura menjadi orang pintar.

Komplotan itu akan mengajak bicara korbannya yang berada di ATM dan menganggap korban terkena serangan ilmu hitam.

Setelah terbuai bujuk rayu pelaku, korban secara tidak sadar menukar kartu ATM-nya dan memberikan pinnya.

"Korban pada saat mengambil di ATM ditemui oleh lebih dari satu orang yang kemudian diajak mengobrol, tanpa sadar kartu ATM korban sudah ditukar dan korban juga memberikan pinnya," papar Alexander.

Akibat tindakannya mengelabui korban pelaku dijerat pasal 378 KUHPidana dengan ancaman pidana paling lama empat tahun penjara. (tia)