Breaking News

5 Tumbuhan Beracun Yang Sangat Berbahaya

castor bean
Dirgantara~Ada hipotesa yang mengatakan setiap tumbuhan yang dapat dikonsumsi hewan bisa juga dikonsumsi manusia. Namun hipotesa itu sangat keliru, karena tidak semua tumbuhan yang dapat dikonsumsi hewan bisa dikonsumsi manusia.

Bila hewan mampu mengkonsumsi tumbuhan tersebut dikarenakan, hewan itu memiliki antitoxin dalam tubuhnya, sedangkan tubuh manusia sendiri belum tentu memilki antitoxin untuk menetralkan racun yg terkandung di tumbuhan tersebut.

Berikut list 5 tumbuhan beracun menurut versi www.dirgantaraonline.com :

1.Oleander, Nerium oleander

Tumbuhan yang sangat beracun bagi manusia. Jika manusia mengkonsumsi sehelai daun maupu bunga dari oleander dapat mengakibatkan mencret, mual, sakit perut yang intens, rasa kantuk, pusing bahkan mengakibatkan sesak nafas yang dapat mengakibatkan kematian bagi manusia.

2.Water hemlock, cicuta maculata

Jangan tertipu bentuknya yang menawan, karena akarnya yang seperti wortel ini. Bila kita mengkonsumsi akar tumbuhan ini bisa berakibat fatal. Jika kita mengkonsumsinya dapat menyebabkan kematian yang paling menyakitkan (muntah, kejang perut dan otot hingga mengakibatkan kematian). Jika bisa selamat dari kematian, efek yang ditimbulkan dan tidak bisa dihindari adalah amnesia.

3.Rosary pea, Abrus precatorius

Mirip seperti castor bean, namun kadar racun yang terkandung didalamnya lebih pekat dari castor bean. Bila mengkonsumsi tumbuhan ini bisa mengakibatkan mual, kejang-kejang perut, muntah, pendarahan dalam hingga menimbulkan kegagalan dalam system metabolisme.

4.Deadly nightshade, Atropa belladonna

Tumbuhan yang sangat menarik dan memiliki rasa yang manis, sehingga menarik perhatian hewan untuk mengkonsumsi buahnya. Maka dari itu banyak ditemukan hewan-hewan yang mati disekitar tanaman tersebut.

Daun & buah sangat beracun. Menyebabkan: pelebaran pupil, menaikkan sensitif mata terhadap cahaya, pandangan jadi kabur, sakit kepala, gangguan jiwa

5.Castor bean, Ricinus communis

Di Afrika, castor bean serng digunakan untuk bahan campuran produk permen atau makan lainnya.
Namun hati-hati dengan bijinya. Bila tertelan bisa mengakibatkan kegagalan dalam metabolism. (mond/Int)