Breaking News

Basarnas Tutup Pencarian Pelajar Hilang di Lubuk Tongga, Pemantauan Tetap Berlanjut

D'On, Padang (Sumbar),- Tim SAR gabungan memutuskan menutup pencarian terhadap seorang pelajar yang dinyatakan hilang di Lubuk Tongga, Sungai Bangek, Kota Padang.


Kepastian tersebut disampaikan Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kantor SAR Padang, Octavianto, Jumat (17/6/2022) sore.

“Pencarian secara permanen kami tutup setelah 7 hari pencarian terhadap korban atas nama Ikhsan Maulana,” kata Octa kepada awak media.

Dijelaskan Octa, meski petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas hingga unsur kebencanaan menghentikan pencarian, pemantauan terhadap keberadaan Ikhsan Maulana, 16 tahun tetap dilakukan.

“Sampai kapanpun pemantauan itu tidak akan dihentikan, hanya di dua titik pemantauan, baik secara mobiling atau secara informatif,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Tiga pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Padang hilang usai berenang di kawasan Lubuk Tongga, Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Ketiga pelajar itu dinyatakan hilang pada Sabtu (11/6/2022) sore. Mereka bernama Ikhsan Maulana, 16 tahun, Sintia Vita Loka, 16 tahun dan Ulfa, 16 tahun.

Penuturan Aditya rekan korban yang selamat, mengaku sempat berupaya menyelamatkan rekannya saat diseret air besar.

“Namun upaya rekan korban tidak membuahkan hasil, dia tak bisa menyelamatkan rekannya itu hingga dilaporkan hilang,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basril.

Diutarakan Basril, empat remaja yang belakangan diketahui berasal dari SMKN 5 Padang tersebut tidak mengetahui keadaan cuaca dan debit air saat itu.

“Sehingga tiga di antaranya hanyut, rekan korban yang selamat melaporkan kejadian ini ke masyarakat setempat,” ujar Basril.

Dikatakan Basril, Tim SAR gabungan telah melakukan berbagai upaya dan metode pencarian agar korban ditemukan.

“Petugas pencarian disebar dari titik nol hanyutnya korban hingga pintu muara terdekat,” katanya.

Hingga akhir pencarian sore tadi jasad Ikhsan Maulana belum berhasil diketemukan.

(*)

#PelajarSMK5Hanyut #Peristiwa #Padang #Sumbar