Demo Hingga Malam, Mahasiswa Bentrok dengan Polisi di Makassar

D'On, Makassar (Sulsel),-  Bentrokan masih berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah yang berada di dekat perbatasan Kota Makassar-Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (11/4) malam.


Sejumlah pengunjuk rasa 11 April diamankan pihak kepolisian.

Dari pantauan dilokasi, pihak kepolisian mencoba bernegosiasi dengan mahasiswa. Negosiasi tidak menemui kesepakatan sehingga terjadi lemparan batu dari arah mahasiswa ke pihak petugas.

Akibatnya, pihak kepolisian pun membalas dengan tembakan gas air mata ke kerumunan mahasiswa yang terpencar dan sebagian lagi masuk ke dalam kampus. Berapa orang mahasiswa pun diamanakan.

Hingga pukul 22.26 WITA, petugas masih bertahan di depan kampus Unismuh Makassar. Masih terjadi lemparan batu ke arah petugas. Guna meredam aksi mahasiswa tersebut, petugas kepolisian mencoba berkoordinasi dengan pimpinan kampus.

"Ini bulan puasa, mari kita berdampingan. Anda ini adalah penerus bangsa. Intelektual bangsa yang diharapkan," imbau pihak kepolisian dengan pengeras suara.

Demo Maluku kondusif

Dari Maluku, demo terpantau berlangsung aman di Kampus Universitas Pattimura, Kantor Gubernur dan DPRD Maluku, Senin (11/4).

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengapresiasi aksi mahasiswa yang menyuarakan aspirasi rakyat sejak pagi hingga sore berjalan aman dan tertib.

Hal itu ia sampaikan setelah memantau langsung aksi massa yang berunjuk rasa di depan Gedung Rektorat Unpatti di jalan Dr Johanes Leimena bersama Kapolresta Ambon dan Pulau-pulau Lease.

"Kami memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang melaksanakan Unras hari ini. Mereka telah menyampaikan secara tertib dan konstruktif kepada pemerintah,"ujarnya di sela-sela aksi unjuk rasa.

Di hadapan mahasiswa, mantan Kapolda NTT juga menyampaikan apresiasi terhadap Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri hingga Satpol PP yang mengamankan aksi demonstrasi.

"Petugas gabungan Polri dibantu TNI dan Satpol PP mengamankn giat secara aman dengan pengaturan arus lalu lintas yang baik, sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu,"ucapnya.


(mir/sai/ain)



#Demo11April #DemoMahasiswa #DemoRicuh


Powered by Blogger.