Irwan Basir: Ramadan Bulan Penuh Berkah, Dekatkan Diri pada Allah

D'On, Padang (Sumbar),-  "Ramadhan is a month of Allah. Whose beginning is mercy. Whole middle is forgiveness. Whose end is freedom from fire. Ramadhan Mubarak".


Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Menghitung mundur, sebentar lagi umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci, yang diperkirakan jatuh pada hari Sabtu 2 April mendatang, artinya 3 hari lagi.

3 hari menuju Ramadhan 1443 H yang disambut oleh umat Islam di seluruh dunia. Menjadi momen yang tepat untuk saling bermaafan. Mungkin terdengar sederhana, tapi maaf-memaafkan ini termasuk bentuk ibadah.

Sebelum memasuki bulan suci, alangkah baiknya kita membersihkan hati, lahir dan batin. Agar ibadah di bulan Ramadhan menjadi lebih ikhlas dan ringan dijalani. Suci secara lahir maksudnya seperti menjaga kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Sementara suci batin adalah bersih dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.

Hal ini menukil dari Alquran, mengenai anjuran dalam penggalan surah Al Baqarah ayat 178 yang artinya:

"Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat..."

Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.

(*)

#DPDLPMPadang #Ramadan #IrwanBasir

Powered by Blogger.