Breaking News

Mendagri Tito Berang, Sebab 4 Kepala Daerah di Sumbar Absen Rapat Penanganan COVID

D'On, Padang (Sumbar),- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berang gara-gara empat kepala daerah di Sumbar tak hadir dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19. Dia mengatakan keempat kepala daerah itu tak akan mengerti arahan darinya karena tidak hadir.


Rapat yang dipimpin Tito itu digelar di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (17/12/2021). Empat kepala daerah yang tak hadir itu adalah Bupati Solok Epyardi Asda, Wali Kota Payakumbuh Riza Falevi, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

"Saya mencatat beberapa kepala daerah tidak hadir di sini. Bupati Solok tidak hadir. Wali Kota Payakumbuh tidak datang, katanya ada acara. Kemudian, Wali Kota Padang Panjang, Wali Kota Padang juga nggak hadir," kata Tito.

"Saya minta tolong disampaikan kepada publik. Kita akan mengamati keseriusan kepala daerah dalam penanganan COVID dan vaksinasi ini," sambungnya.

Tito mengatakan rapat ini penting untuk menentukan langkah penanganan Covid-19 dan percepatan vaksinasi. Dia mengatakan kepala daerah harusnya mengirimkan wakil kepala daerah atau sekda ke rapat agar bisa mengambil keputusan.

"Kalau yang datang wakilnya, fine. Sekda juga masih bisa, tapi kalau yang lain, saya tahu tidak akan bisa mengambil keputusan. Yang hadir harusnya yang bisa mengambil keputusan. Kita harus bergerak cepat. Kita berharap di akhir tahun sumbar bisa mencapai 70 persen atau lebih. Ini perlu dilakukan kolaborasi dengan jajaran TNI, Polri dan semua bergerak," katanya.

Dia menyebut para kepala daerah yang absen itu tak akan tahu apa isi rapat tersebut. Dia mengatakan arahan darinya bisa diartikan berbeda jika diteruskan oleh orang lain.

"Kalau tidak hadir, dia tidak akan tahu apa yang akan diomongkan. Yang disampaikan oleh stafnya belum tentu sama. Yang saya sampaikan, Gubernur sampaikan, Kapolda sampaikan, Danrem sampaikan, belum tentu sama. Situasi dan kondisi tidak paham juga. Kalau tidak hadir, ya tidak mengerti," ujar Tito.

(haf/detik)