Madam Pang Murni Geluti Dunia Sepak Bola Karena Rasa Cinta

D'On, Singapura,- Manajer timnas Thailand akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Nualphan Lamsam yang dikenal dengan nama Madam Pang merupakan wanita yang banyak membantu Alexandre Polking mengemban tugas mengurus para pemain Thailand selama Piala AFF 2020.


Madam Pang sudah menggeluti dunia sepak bola sejak lama. Di tahun 2015 lalu Madam Pang membeli klub Thailand, Port FC, dan bahkan menjadi presiden klub Liga Thailand tersebut. Tak berhenti sampai di situ, Madam Pang pernah memanajeri timnas wanita Thailand dan berhasil mendampingi mereka hingga lolos ke babak final Piala Dunia tahun 2015 dan 2019.

Melihat performa dan kecintaannya terhadap sepak bola, Madam Pang pun kemudian ditunjuk federasi sepak bola Thailand (FAT) untuk menjadi manajer bagi timnas Thailand U-23 sebelum naik menjadi manajer di timnas Thailand pada Agustus 2021 lalu.

Sebagai pengusaha, Madam Pang tentunya paham seluk-beluk dunia perekonomian demi mencapai keuntungan besar. Akan tetapi wanita 55 tahun ini mengakui bahwa bisnis di dunia sepak bola justru tak banyak menghasilkan keuntungan. Ia terjun ke dunia olahraga ini murni karena rasa cintanya terhadap sepak bola.

“Saya harus mengakui bahwa satu-satunya hal yang tidak bisa menghasilkan keuntungan (ekonomi) adalah sepak bola,” demikian penuturan Madam Pang dikutip dari Siam Sport.

Madam Pang menjanjikan bonus sebesar Rp 11.1 milyar jika timnas Thailand berhasil menjadi juara di ajang Piala AFF 2020 ini. Dana ini dijanjikan sang manajer demi memotivasi pemain Thailand untuk meraih gelar juara.

Sejak diadakan tahun 1996 lalu, Thailand sudah 5 kali merebut gelar juara di ajang se-Asia Tenggara ini. Dengan mengemas 4 gol tanpa balas di leg pertama lalu, Thailand berpeluang besar meraih juara Piala AFF untuk keenam kalinya.


(*)

Powered by Blogger.