Keutamaan Membaca Doa Ketika Hujan Allahumma Soyyiban Nafian

Dirgantaraonline.co.id,- Turunnya hujan bisa membantu makhluk hidup yang ada di dunia ini untuk tetap hidup. Banyak tumbuhan yang sudah layu ketika turun hujan akan kembali segar, dan banyak sumur kering ketika turun hujan akan kembali terisi dan dapat dimanfaatkan kembali. Untuk itu, manusia perlu memanjatkan doa ketika hujan Allahumma Soyyiban Nafian.


Ketika turun hujan, Rasulullah SAW bergembira dan bertabbaruk atau mengambil berkah dari turunnya hujan. Dikutip dari buku Sukses Dunia Akhirat Dengan Doa-Doa Harian, Muhammad Asy-Syarofi, (2018: 315) diceritakan pada suatu ketika Rasulullah SAW pernah kehujanan, lalu beliau menyingkapkan bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian para sahabat mengatakan “Ya Rasulullah mengapa engkau melakukan demikian? Kemudian Rasulullah SAW bersabda Sebab ia baru saja diciptakan Allah SWT.” (HR. Muslim)

Kemudian Imam Nawawi menjelaskan bahwa hadis tersebut mengandung keutamaan bahwa hujan itu rahmat yang baru saja diciptakan oleh Allah SWT, karena itu Nabi Muhammad SAW bertabbaruk atau mengambil berkah dari hujan tersebut.

Keutamaan Membaca Doa Ketika Hujan Allahumma Soyyiban Nafian

Saat sedang turun hujan maka kita dianjurkan untuk membaca doa, karena menurut beberapa pendapat ulama dan hadis salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah ketika sedang turun hujan. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut ini:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya: "Dua do'a yang tidak akan ditolak, do'a ketika adzan dan do'a ketika ketika turunnya hujan."(HR Al Hakim).

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

Artinya: "Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan."

Untuk bacaan doa saat hujan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat."

Demikian adalah bacaan doa yang bisa diamalkan ketika turun hujan dan semoga dengan hal tersebut doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

(Abu khalil)


Powered by Blogger.