Penting Anda Tahu! Ini Cara Menghindari Sifat Takabur

Dirgantaraonline.co.id,- Cara menghindari sifat takabur tentunya perlu untuk kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut sangat berbahaya dalam kehidupan setiap manusia. Takabur merupakan sifat dalam diri bahwa ia merasa hebat dan mulia.

Seseorang yang mempunyai sifat takabur pastinya merasa dirinya besar dari yang lainnya. Bahkan dalam ajaran Islam sendiri sifat ini sangatlah dibenci. Pasalnya, dapat menjadikan ia terus menampakkan bahwa dirinya hebat.

Bukan hanya membuat Allah SWT membenci kita, akan tetapi juga akan membuat kita dijauhi banyak orang. Sifat dari kesombongan ini juga merupakan sifat menolak kebenaran.

Hal ini terdapat dalam hadis riwayat Muslim yang artinya kesombongan atau takabur merupakan perbuatan yang menolak kebenaran serta merendahkan manusia.

Sifat sombong ini pertama kali datang dari iblis. Ketika itu iblis menolak untuk sujud kepada Nabi Adam As. Ketika Allah bertanya kepada iblis mengapa tidak mau bersujud kepada Nabi Adam, iblis menjawab bahwa ia adalah terbuat dari api. Sedangkan Nabi Adam terbuat dari tanah. Jadi, pantas saja apabila iblis enggan untuk bersujud kepada Nabi Adam As.

Setelah itu, Allah SWT mengusir iblis dari surga. Hal ini terdapat dalam firman Allah Al Quran Surat Al A’raf ayat 13.


Sifat takabur atau sombong ini merupakan sifat yang sangat Allah benci. Oleh sebab itu, kita harus mencegah supaya dalam diri kita tidak memiliki sifat tercela tersebut. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Untuk cara menghindari sifat takabur yang pertama, tentunya kita harus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Karena tujuan utama kita hidup di dunia adalah hanya untuk beribadah kepada Allah. Dengan kita beribadah kepada Allah, berarti kita juga mengetahui bahwasanya sifat tercela itu tidak seharusnya ada dalam diri kita.

Dengan kita meningkatkan kualitas ibadah, sifat takabur juga sangat mudah untuk kita hindari. Menjadikan cara merubah kepribadian jadi orang yang lebih paham tentang agama.

Dengan lebih khusyuk dan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, tentunya keimanan serta ketakwaan juga bisa kita tingkatkan ketika selalu khusyuk dalam beribadah. Bukan hanya keimanan saja, akan tetapi ajaran agama pun juga akan mengalami peningkatan.

Hal tersebut menjadi salah satu cara menghindari sifat takabur. Tak hanya itu, akan tetapi orang yang beriman serta bertaqwa pastinya akan mengetahui bagaimana cara menjaga pandangan matanya Ttrhadap berbagai hal yang bisa menimbulkan dosa. Salah satunya adalah merendahkan orang lain.

Selanjutnya untuk cara menghindari sifat takabur yang bisa kita lakukan adalah bersyukur terhadap semua nikmat yang sudah Allah berikan.

Dengan kita menumbuhkan rasa syukur terhadap semua nikmat dan karunia yang sudah Allah berikan, tentunya akan menimbulkan sikap congkak terhadap orang lain.

Pastikan tetap istiqomah, kita juga harus selalu berusaha untuk mengucapkan syukur hamdallah kepada semua pemberian Allah. Bersyukur juga akan menjadi cara bersikap sabar ketika menghadapi masalah.

Sadar Bahwa Hidup Ini Hanyalah Sementara

Suatu hari nanti semuanya nyawa pasti akan mati. Jika kita menyadari hal tersebut akan menimpa kita, tentu ini juga merupakan cara menghindari sifat takabur.

Seharusnya kita melakukan dan memperbanyak amal kebaikan sebagai bekal kita di akhirat nanti. Bukan justru menebar kesombongan dan memandang sebelah mata orang lain.

Biasanya orang yang takabur lupa bahwa kehidupan di dunia ini akan berakhir. Mereka juga merasa bahwa kehidupan sebagai manusia akan lupa untuk menyiapkan bekal ke akhirat nanti.

Dalam Al Quran Surat Az-Zumar ayat 60 menjelaskan bahwasannya neraka jahanam merupakan tempat bagi mereka yang menyombongkan diri. Naudzubillahimindzalik.

Semoga dengan adanya penjelasan ilmu mengenai cara menghindari sifat takabur tersebut, bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas menjauhkan kita dari perbuatan tercela yang Allah benci tersebut.

(Muhafid/R6/HR-Online)

Powered by Blogger.