Breaking News

Pentolan KKB Alek Hamberi Kembali ke NKRI, Tinggalkan KKB

D'On, Papua,- Pria bernama Alek Hamberi yang sempat bergabung dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sudah resmi bertaubat dan memilih kembali ke NKRI. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri pun menyambut baik kabar tersebut.

"AH, mantan KKB atau KKP Papua kembali ke pangkuan NKRI," kata Irjen Mathius dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).


Alek mendeklarasikan kembali ke NKRI pada 4 Mei 2021 kemarin. Irjen Mathius menyebut Alek sempat terhasut hingga memilih bergabung dengan KKB.

"Alek Hamberi adalah warga NKRI yang telah terhasut NRFPB, sehingga kita harap setelah yang bersangkutan kembali ke NKRI bisa hidup tenteram," beber Mathius.

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua ini menyambut baik langkah Alek yang meninggalkan KKB. Dia juga berharap banyak anggota KKB lainnya yang mengikuti jejak Alek.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak atas upaya kerjasama semua instansi terkait, banyak masyarakat yang menyatakan kembali ke NKRI," kata Mathius.

Di Papua sendiri, Mathius menyebut banyak organisasi yang menjadi KKB. Jika organisasi tersebut terendus pihaknya, dia memastikan akan menindak tegas organisasi tersebut.

"Banyak organisasi-organisasi selain NRFPB seperti KNPB, ULMWP dan lainnya yang tentu satu tujuan yaitu Papua Merdeka," kata Mathius.

"Organisasi-organisasi seperti itu sudah jelas melanggar hukum, sehingga jika muncul gerakan tambahan akan langsung kami tindak tegas," pungkasnya.



(IZ)