Jokowi Pastikan Simbol Garuda di Istana Negara IKN Belum Final

D'On, Jakarta,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan adanya masukan dari seluruh pihak atas pradesain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota baru nanti di Kalimantan Timur. Sebab pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur belum final, masih pradesain.

"Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Jumat (2/4/20211).

Jokowi menginginkan, istana negara tidak hanya dikenang sebagai tempat presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa. Akan tetapi harus mencerminkan kemajuan bangsa.

"Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," ujarnya.

Jokowi menuturkan, tahun lalu Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di IKN. Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain istana negara karya seniman patung Nyoman Nuarta. 

"Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.


(Tirto)

Powered by Blogger.